Marx, Richard (2025) Representasi Citra Prabowo Subianto dalam Gimmick Gemoy di Akun Instagram Partai Gerindra. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (644kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (623kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (400kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (303kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (225kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (229kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana representasi citra Prabowo Subianto dibangun melalui gimmick "Gemoy" di akun Instagram Partai Gerindra. Fenomena gimmick "Gemoy" ini mengundang banyak perhatian dari khalayak masyarakat karena merupakan gaya pendekatan yang baru dan dikemas dengan cara yang unik. Citra Prabowo Subianto ditampilkan secara lebih ramah, populis dan dekat dengan masyarakat luas terutama kalangan muda. Berbeda dengan citra yang ditampilkan pada tahun sebelumnya yaitu lebih formal, tegas dan berwibawa. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dengan pendekatan teori Semiotika Charles Sanders Peirce yang membedah tanda-tanda visual dan teks dalam konten Instagram. Terdapat tujuh konten yang dijadikan sebagai objek penelitian. Melalui analisis yang dilakukan terhadap representament, objek dan interpretant, ditampilkan sebuah narasi yang bersifat santai dan humoris. Selain itu, hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang disampaikan melalui gimmick "Gemoy" bukan hanya sekedar untuk menjadi ajang pencitraan belaka, namun juga untuk menunjukkan bahwa adanya transformasi gaya komunikasi politik yang lebih populis.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Teori Semiotika, Citra Politik, Charles Sanders Peirce, Analisis Kualitatif |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 11:01 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 11:01 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39367 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |