Pengaruh Content Marketing & Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk Eatsambel di Sosial Media TikTok

Radhia, Aleka (2025) Pengaruh Content Marketing & Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk Eatsambel di Sosial Media TikTok. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (568kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (401kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (663kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (694kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (241kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB)

Abstract

Fenomena Digital Marketing dalam promosi merek di social media TikTok berhasil menarik perhatian konsumen melalui produk viral di For Your Page. Strategi dicerminkan oleh konten dan ulasan (review) yang memengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Content Marketing dan Electronic Word of Mouth terhadap keputusan pembelian produk Eatsambel di social media TikTok, baik secara parsial maupun simultan. Variabel terdiri dari Content Marketing (X1), e-WOM (X2), dan Keputusan Pembelian (Y), dengan menggunakan pendekatan Teori SOR (Stimulus­ Organism­Response). Content Marketing dan e-WOM (Stimulus), User online TikTok (Organisme), dan keputusan pembelian sebagai (Response). Penelitian menggunakan kuantitatif eksplanatif dengan paradigma positivistik. Data dikumpulkan melalui survei Google Form dan kuesioner dengan skala Likert 1­5, 121 responden, menggunakan teknik purposive sampling. Populasi penelitian adalah konsumen yang melihat Content Marketing dan e-WOM @eatsambel di FYP TikTok. Hasil uji T menunjukkan Content Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan e-WOM berpengaruh positif namun tidak signifikan. Uji F menunjukkan pengaruh simultan yang signifikan dari kedua variabel terhadap keputusan pembelian, dengan nilai Sig 0.000 < 0.05 dan R Square sebesar 87,7%. Peneliti merekomendasikan agar Eatsambel meningkatkan kualitas dan konsistensi konten, serta ulasan positif dari konsumen untuk memperkuat pemasaran digital.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Content Marketing, e-WOM, Keputusan pembelian, Social media, TikTok
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 28 Jul 2025 11:01
Last Modified: 28 Jul 2025 11:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39372

Actions (login required)

View Item View Item