Wirianta, Winna (2025) Makna Emoji dalam Content Marketing UNIQLO Indonesia di Instagram. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (821kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (963kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (450kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (4MB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (435kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital membawa perubahan yang sangat besar terhadap strategi pemasaran digital, khususnya pada platform media sosial berbasis visual seperti Instagram. Salah satu bahasa visual yang muncul untuk menyampaikan pesan dalam pemasaran digital adalah dengan menggunakan emoji. Emoji dalam komunikasi pemasaran tidak hanya menjadi pelengkap, tetapi juga berperan dalam memengaruhi emosi audiens dan membangun hubungan yang lebih dalam dengan audiensnya. Penelitian ini akan mengeksplorasi makna emoji dalam kampanye pemasaran UNIQLO Indonesia selama Ramadhan Big Fest 2025 di Instagram, yang betujuan untuk menyampaikan pesan pemasaran melalui simbol visual emoji kepada audiensnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis klasifikasi emoji berdasarkan core dan peripheral lexicon, mengetahui peran struktur tata bahasa penggunaan emoji dalam membangun budaya dan konteks serta mengetahui fungsi phatic dan emotive emoji untuk membangun hubungan dengan audiensnya. Penelitian ini menggunakan paradigma constructivist-interpretivist dan metode semiotika Marcel Danesi. Penelitian ini menemukan bahwa penggunaan core dan peripheral lexicon saling mendukung dalam menyampaikan makna serta dapat membantu audiens untuk melakukan interpretasi sesuai dengan konteks budaya. Stuktur tata bahasa emoji digunakan untuk memberikan penekanan dan penjelasan lebih mendalam terhadap dimensi lainnya dalam konten serta disusun untuk membangun konteks dan budaya. Selain itu, emoji juga menjadi ostensive- inferential communication tool sehingga menjalankan fungsi phatic dan emotive sesuai dengan konteks yang ingin dibangun. Oleh karena itu, penggunaan emoji dalam content marketing tidak hanya berperan sebagai elemen dekoratif, namun berperan sebagai alat komunikasi visual yang dapat menyampaikan makna dengan efektif dan efisien dalam komunikasi pemasaran digital.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Emoji Marketing, Instagram, Marcel Danesi, Semiotika, UNIQLO Indonesia |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 11:03 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 11:03 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |