Peran Reporter Kanal Edukasi dalam Redaksi Kompas.com

Given Nata Widjaja, Yovie (2025) Peran Reporter Kanal Edukasi dalam Redaksi Kompas.com. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (829kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (324kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (752kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (331kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

Di tengah arus cepat media digital yang menuntut akurasi, relevansi, dan keterjangkauan informasi, jurnalisme edukasi memegang peranan penting dalam meningkatkan kesadaran publik terhadap isu-isu pendidikan. Laporan ini menguraikan pengalaman penulis selama menjalani program magang selama enam bulan (Januari­Juni 2025) sebagai reporter kanal Edukasi di Kompas.com, media daring yang berfokus pada penyajian informasi pendidikan. Magang ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran pers sebagai pilar informasi, edukasi, dan kontrol sosial. Penulis terlibat langsung dalam berbagai aktivitas jurnalistik, seperti penulisan berita fitur, peliputan lapangan, penyaduran artikel media asing, serta penyusunan berita berdasarkan siaran pers. Selama proses tersebut, penulis mempelajari bagaimana teori-teori ilmu sosial dan humaniora dapat diaplikasikan dalam peliputan kebijakan pendidikan, serta pentingnya penerapan Search Engine Optimization (SEO) agar informasi tersampaikan secara luas dan efektif di era digital. Selama proses magang, penulis menghadapi beberapa tantangan, termasuk adaptasi dengan alur kerja redaksi, keterbatasan pemahaman terhadap isu-isu pendidikan yang kompleks, kesulitan memenuhi target penulisan harian, terbatasnya ruang untuk mengajukan topik independen, dan adanya penugasan tambahan mendadak. Namun, dengan bimbingan mentor dan jurnalis senior lainnya, penulis semakin memahami alur kerja jurnalis media online. Melalui pengalaman ini, penulis juga memperoleh pemahaman mendalam mengenai dinamika jurnalisme daring yang berbeda dengan jurnalisme konvensional, baik dari segi pemilihan topik, sudut pandang, maupun gaya penulisan. Laporan ini diharapkan dapat memberikan gambaran konkret mengenai praktik jurnalisme edukasi di media online dan dapat menjadi referensi bagi mahasiswa yang berminat mendalami bidang jurnalisme edukasi.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: fungsi pers, jurnalisme edukasi, media daring, search engine optimization, sosial dan humaniora
Subjects: ?? PN4699-5650 ??
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 29 Jul 2025 13:02
Last Modified: 29 Jul 2025 13:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39412

Actions (login required)

View Item View Item