Aktivitas Magang Content Writer di Tim Sosial Media Divisi Audience Development di Tempo.co

Rafli Januardi, Fino (2025) Aktivitas Magang Content Writer di Tim Sosial Media Divisi Audience Development di Tempo.co. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (7MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (476kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (347kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (54kB)

Abstract

Latar belakang pemilihan tempat magang ini adalah meningkatnya kebutuhan industri media digital akan penulis konten yang mampu mengoptimalkan performa artikel di berbagai platform digital. Tujuan dari kerja magang ini adalah untuk mengimplementasikan kemampuan menulis dan strategi optimasi konten yang telah dipelajari dalam program studi Ilmu Komunikasi ke dalam dunia kerja profesional. Perusahaan yang menjadi tempat kerja magang adalah Tempo.co, bagian dari Tempo Media Group, yang merupakan salah satu media daring terkemuka di Indonesia. Posisi yang dijalani adalah sebagai Intern content writer di bawah Divisi Audience Development. Tugas yang dilakukan mencakup pembuatan skrip konten, riset berita dan isu aktual untuk dijadikan konten, pencarian footage visual pendukung, serta menyusun skrip konten berbasis berita aktual yang telah melalui proses riset. Kendala yang dihadapi antara lain adalah adaptasi terhadap standar penulisan media digital. Kesimpulan dari kegiatan magang ini menunjukkan bahwa peran content writer dalam ekosistem media digital sangat strategis, karena turut menentukan keterbacaan, jangkauan, dan efektivitas distribusi konten di era digital.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: content writer, sosial media, Tempo.co, content marketing, copywriting.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 29 Jul 2025 13:07
Last Modified: 29 Jul 2025 13:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39445

Actions (login required)

View Item View Item