Rafli Januardi, Fino (2025) Aktivitas Magang Content Writer di Tim Sosial Media Divisi Audience Development di Tempo.co. MBKM Report, Universitas Multimedia Nusantara.
| ![[img]](https://kc.umn.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png) | PDF HALAMAN_AWAL.pdf Download (7MB) | 
| ![[img]](https://kc.umn.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png) | PDF BAB_I.pdf Download (476kB) | 
| ![[img]](https://kc.umn.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png) | PDF BAB_II.pdf Download (347kB) | 
| ![[img]](https://kc.umn.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png) | PDF BAB_III.pdf Download (1MB) | 
| ![[img]](https://kc.umn.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png) | PDF BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) | 
| ![[img]](https://kc.umn.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png) | PDF DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (182kB) | 
| ![[img]](https://kc.umn.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png) | PDF LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | 
| ![[img]](https://kc.umn.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png) | PDF LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (54kB) | 
Abstract
Latar belakang pemilihan tempat magang ini adalah meningkatnya kebutuhan industri media digital akan penulis konten yang mampu mengoptimalkan performa artikel di berbagai platform digital. Tujuan dari kerja magang ini adalah untuk mengimplementasikan kemampuan menulis dan strategi optimasi konten yang telah dipelajari dalam program studi Ilmu Komunikasi ke dalam dunia kerja profesional. Perusahaan yang menjadi tempat kerja magang adalah Tempo.co, bagian dari Tempo Media Group, yang merupakan salah satu media daring terkemuka di Indonesia. Posisi yang dijalani adalah sebagai Intern content writer di bawah Divisi Audience Development. Tugas yang dilakukan mencakup pembuatan skrip konten, riset berita dan isu aktual untuk dijadikan konten, pencarian footage visual pendukung, serta menyusun skrip konten berbasis berita aktual yang telah melalui proses riset. Kendala yang dihadapi antara lain adalah adaptasi terhadap standar penulisan media digital. Kesimpulan dari kegiatan magang ini menunjukkan bahwa peran content writer dalam ekosistem media digital sangat strategis, karena turut menentukan keterbacaan, jangkauan, dan efektivitas distribusi konten di era digital.
| Item Type: | Technical Report (MBKM Report) | 
|---|---|
| Creators: | Rafli Januardi, Fino (00000059655) | 
| Contributors: | Barlian Obadyah, Ariel (0328058106) | 
| Keywords: | content writer, sosial media, Tempo.co, content marketing, copywriting. | 
| Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication | 
| Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication | 
| Date Deposited: | 29 Jul 2025 13:07 | 
| URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39445 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
            
               
               
              