Aktivitas Marketing Communication di Kompas.com

Audra Putri Daywin, Reeva (2025) Aktivitas Marketing Communication di Kompas.com. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (891kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (786kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (491kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (872kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (357kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (52kB)

Abstract

Latar belakang pemilihan tempat magang perkembangan pesat industri media digital yang menyebabkan perubahan pola konsumsi informasi di kalangan masyarakat. Tujuan dari kerja magang ini adalah untuk mengimplementasikan ilmu komunikasi pemasaran yang telah diperoleh di perkuliahan dalam praktik kerja nyata di industri media. Perusahaan yang menjadi tempat kerja magang adalah Kompas.com, sebuah portal berita digital di bawah naungan Kompas Gramedia yang merupakan salah satu perusahaan multi-industri terbesar di Indonesia. Posisi yang dipilih dalam aktivitas magang adalah sebagai Marketing Communication Intern dalam Departemen Marketing Communication. Deskripsi pekerjaan mencakup pengelolaan campaign management dan media partnership, termasuk perencanaan sampai eksekusi campaign, pembuatan konten promosi, serta menjalin kerja sama strategis dengan mitra eksternal. Konsep yang digunakan dalam laporan magang ini mengacu pada teori komunikasi pemasaran dari Fill & Turnbull (2016), serta konsep campaign Chaffey & Ellis-Chadwick (2019) dan konsep partnership dari Blackett-Ord & Haren (2020). Kendala utama dalam proses kerja magang adalah perbedaan gaya komunikasi dan koordinasi antar tim. Setelah dilakukan aktivitas magang selama enam ratus empat puluh jam kerja, diperoleh kesimpulan bahwa proses kerja Marketing Communication sangat bergantung pada kerja tim lintas divisi dan kemampuan adaptasi strategi komunikasi dalam dunia media digital yang dinamis.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Kemitraan Media, Komunikasi Pemasaran, Manajemen Kampanye
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 29 Jul 2025 13:08
Last Modified: 29 Jul 2025 13:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39453

Actions (login required)

View Item View Item