Audra Putri Daywin, Reeva (2025) Aktivitas Marketing Communication di Kompas.com. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (891kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (786kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (491kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (872kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (357kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
Abstract
Latar belakang pemilihan tempat magang perkembangan pesat industri media digital yang menyebabkan perubahan pola konsumsi informasi di kalangan masyarakat. Tujuan dari kerja magang ini adalah untuk mengimplementasikan ilmu komunikasi pemasaran yang telah diperoleh di perkuliahan dalam praktik kerja nyata di industri media. Perusahaan yang menjadi tempat kerja magang adalah Kompas.com, sebuah portal berita digital di bawah naungan Kompas Gramedia yang merupakan salah satu perusahaan multi-industri terbesar di Indonesia. Posisi yang dipilih dalam aktivitas magang adalah sebagai Marketing Communication Intern dalam Departemen Marketing Communication. Deskripsi pekerjaan mencakup pengelolaan campaign management dan media partnership, termasuk perencanaan sampai eksekusi campaign, pembuatan konten promosi, serta menjalin kerja sama strategis dengan mitra eksternal. Konsep yang digunakan dalam laporan magang ini mengacu pada teori komunikasi pemasaran dari Fill & Turnbull (2016), serta konsep campaign Chaffey & Ellis-Chadwick (2019) dan konsep partnership dari Blackett-Ord & Haren (2020). Kendala utama dalam proses kerja magang adalah perbedaan gaya komunikasi dan koordinasi antar tim. Setelah dilakukan aktivitas magang selama enam ratus empat puluh jam kerja, diperoleh kesimpulan bahwa proses kerja Marketing Communication sangat bergantung pada kerja tim lintas divisi dan kemampuan adaptasi strategi komunikasi dalam dunia media digital yang dinamis.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Kemitraan Media, Komunikasi Pemasaran, Manajemen Kampanye |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 13:08 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 13:08 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39453 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |