Peran Customer Relationship Management di PT Astra UD Trucks

Candrasaputra, Amanda (2025) Peran Customer Relationship Management di PT Astra UD Trucks. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (644kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (432kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (592kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (52kB)

Abstract

Industri otomotif niaga di Indonesia tengah mengalami transformasi digital, di mana strategi pemasaran berbasis data dan Customer Relationship Management (CRM) menjadi aspek krusial untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dan memperluas pasar. Penulis menjalani program magang sebagai CRM Intern di PT Astra International Tbk ­ UD Trucks Sales Operation selama periode Januari hingga Juni 2025. Penempatan ini bertujuan untuk memahami penerapan strategi CRM dan digital marketing dalam praktik industri otomotif. Selama magang, penulis bertanggung jawab atas pengelolaan leads harian, pelaksanaan kampanye digital, serta pengumpulan data survei kepuasan pelanggan (Customer Satisfaction Index). Beberapa kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan segmentasi data leads dan rendahnya tingkat partisipasi dalam survei. Solusi dilakukan dengan pendekatan follow-up yang lebih personal dan pemberian insentif dalam bentuk merchandise. Selain itu, evaluasi efektivitas kampanye digital dilakukan menggunakan AMEC Integrated Evaluation Framework sebagai pengganti PR Value, untuk memberikan analisis yang lebih objektif dan menyeluruh. Melalui kegiatan ini, penulis memperoleh wawasan praktis, mengasah keterampilan profesional, serta memberikan masukan strategis dalam pengelolaan hubungan pelanggan di Astra UD Trucks.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Astra UD Trucks, Customer Relationship Management, Digital Campaign, Digital Marketing, Evaluasi Komunikasi
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 29 Jul 2025 13:08
Last Modified: 29 Jul 2025 13:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39454

Actions (login required)

View Item View Item