Aktivitas KOL Specialist pada Beauty Brand Lokal Jacquelle Beaute

Kaniah Taralin, Fivy (2025) Aktivitas KOL Specialist pada Beauty Brand Lokal Jacquelle Beaute. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (500kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (394kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (624kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (281kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (52kB)

Abstract

Industri kecantikan di Indonesia terus mengalami pertumbuhan seiring dengan meningkatnya tren perawatan diri dan digitalisasi. Perkembangan ini mendorong brand lokal seperti Jacquelle Beaute untuk memaksimalkan strategi pemasaran digital, salah satunya melalui Influencer Marketing. Kerja magang ini dilakukan selama enam bulan dengan tujuan memahami secara langsung proses pengelolaan Key Opinion Leader (KOL) terutama dalam mengelola KOL melalui media sosial seperti TikTok dan Instagram. Sebagai KOL Specialist, tugas utamanya meliputi proses spotting dan listing KOL, penyusunan content brief, negosiasi bentuk kerja sama, koordinasi pengiriman produk, hingga monitoring dan pelaporan performa konten KOL. Penulis juga menjalin komunikasi dua arah dengan KOL, management, agensi, dan lintas departemen. Selama pelaksanaan magang, penulis menerapkan teori Influencer Marketing dan teori komunikasi persuasif untuk menunjang keterampilan dalam membuat brief, manajemen KOL, dan analisis performa konten. Pengalaman ini memberikan pemahaman terhadap dinamika kerja di industri kreatif, serta mendorong pengembangan keterampilan interpersonal dan pola pikir kreatif. Laporan ini disusun sebagai bentuk refleksi pembelajaran dan diharapkan dapat menjadi referensi bagi mahasiswa yang berminat mengambil posisi serupa di industri kreatif.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: KOL Specialist, Influencer Marketing, Jacquelle Beaute
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 29 Jul 2025 13:12
Last Modified: 29 Jul 2025 13:12
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39485

Actions (login required)

View Item View Item