Kaniah Taralin, Fivy (2025) Aktivitas KOL Specialist pada Beauty Brand Lokal Jacquelle Beaute. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (500kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (394kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (624kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (281kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
Abstract
Industri kecantikan di Indonesia terus mengalami pertumbuhan seiring dengan meningkatnya tren perawatan diri dan digitalisasi. Perkembangan ini mendorong brand lokal seperti Jacquelle Beaute untuk memaksimalkan strategi pemasaran digital, salah satunya melalui Influencer Marketing. Kerja magang ini dilakukan selama enam bulan dengan tujuan memahami secara langsung proses pengelolaan Key Opinion Leader (KOL) terutama dalam mengelola KOL melalui media sosial seperti TikTok dan Instagram. Sebagai KOL Specialist, tugas utamanya meliputi proses spotting dan listing KOL, penyusunan content brief, negosiasi bentuk kerja sama, koordinasi pengiriman produk, hingga monitoring dan pelaporan performa konten KOL. Penulis juga menjalin komunikasi dua arah dengan KOL, management, agensi, dan lintas departemen. Selama pelaksanaan magang, penulis menerapkan teori Influencer Marketing dan teori komunikasi persuasif untuk menunjang keterampilan dalam membuat brief, manajemen KOL, dan analisis performa konten. Pengalaman ini memberikan pemahaman terhadap dinamika kerja di industri kreatif, serta mendorong pengembangan keterampilan interpersonal dan pola pikir kreatif. Laporan ini disusun sebagai bentuk refleksi pembelajaran dan diharapkan dapat menjadi referensi bagi mahasiswa yang berminat mengambil posisi serupa di industri kreatif.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | KOL Specialist, Influencer Marketing, Jacquelle Beaute |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 13:12 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 13:12 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39485 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |