Aktivitas Magang Marketing-Sales Promotion di Head Office PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk

Felixia, Elvaretta (2025) Aktivitas Magang Marketing-Sales Promotion di Head Office PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (978kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (567kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (702kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (443kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

Pemilihan tempat magang dilatar belakangi oleh pentingnya eksistensi sales promotion khususnya di industri ritel masa kini. Tujuan dari kerja magang ini adalah untuk menambah wawasan, mengetahui proses kerja, dan mengimplementasikan konsep pemasaran khususnya promosi penjualan pada perusahaan tempat kerja magang. Perusahaan yang menjadi tempat kerja magang adalah sebuah perusahaan ritel ternama di Indonesia yaitu PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk yang memiliki puluhan ribu toko ritel tersebar di seluruh Indonesia yaitu Alfamart. Posisi yang dipilih dalam aktivitas magang adalah sebagai bagian dari tim Sales Promotion yang termasuk ke dalam Departemen Marketing. Deskripsi pekerjaan staf Sales Promotion adalah melakukan rekapitulasi penetapan promosi produk, validasi data, penanganan konsumen, dan talent konten agar agenda promosi berlangsung sesuai target. Konsep yang digunakan dalam laporan magang ini adalah konsep sales promotion dan konsep administrasi data. Kendala utama dalam proses kerja magang adalah perbedaan antara teori kuliah dan praktik kerja nyata, keterbatasan akses intranet perusahaan, serta tidak dilibatkannya dalam penggunaan aplikasi setting promosi. Setelah dilakukan aktivitas magang selama delapan puluh hari, didapatkan kesimpulan yaitu bertambahnya wawasan akan ciri khas praktik sales promotion industri ritel, proses kerja yang melibatkan Departemen Marketing dengan departemen lainnya, serta implementasi ilmu promosi penjualan dalam praktik magang yang kurang maksimal dikarenakan adanya perbedaan tugas pekerjaan antara di kampus dan di perusahaan.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: marketing, sales promotion, ritel, magang
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 29 Jul 2025 13:12
Last Modified: 29 Jul 2025 13:12
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39488

Actions (login required)

View Item View Item