Hosea, Yosef (2025) Makna Simbolik Merokok dalam Serial TV Peaky BLinders: Perspektif Semiotika Peirce. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (700kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (359kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (617kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (547kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (307kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji makna simbolik dari tindakan merokok yang ada dalam serial televisi Peaky Blinders musim kedua dengan menggunakan pendekatan semiotika visual Charles Sanders Peirce. Merokok dalam konteks pasca perang dunia 1 bukan sekedar aktivitas mengonsumsi tembakau, melainkan menjadi bagian dari simbol status sosial, psikologis, serta naratif karakter. Penelitian ini berlatar belakang dari banyaknya representasi adegan merokok dalam serial tersebut, khususnya karakter utama atau protagonis, yang bernama Thomas Shelby atau Tommy Shelby, yang menjadikan rokok sebagai bagian dari ekspresi emosional, kekuasaan, dan identitas maskulinitas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan analisis semiotika Peirce yang mengelompokkan tanda ke dalam ikon, indeks, dan simbol. Unit analisis diambil dari seluruh adegan merokok yang ada di musim kedua Peaky Blinders. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rokok direpresentasikan sebagai simbol otoritas, kedewasaan, ketenangan, trauma, alat untuk berpikir serta berinteraksi sosial. Pada penelitian ini berkesimpulan bahwa merokok di serial TV Peaky Blinders bukan hanya aktivitas fisik biasa, melainkan mengandung simbolik yang memperkaya narasi dan memperkuat naratif serta menggambarkan budaya era pasca perang.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Peaky Blinders, Merokok, Semiotika Charles Sanders |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 11:02 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 11:02 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39507 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |