Pengaruh Terpaan Green Message Framing Akoia Swim di Instagram terhadap Purchase Intention melalui Green Perceived Value

Juliette Pangestu, Christabel (2025) Pengaruh Terpaan Green Message Framing Akoia Swim di Instagram terhadap Purchase Intention melalui Green Perceived Value. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (586kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (989kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (398kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (392kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (150kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keberlanjutan dalam dunia fashion sudah mulai menjadi hal yang dinormalisasikan sehingga mendorong merek-merek slow fashion untuk semakin berkembang. Akoia Swim merupakan salah satu merek slow fashion yang dikenal dengan pakaian- pakaian hasil rajut tangan atau crochet, yang dibuat langsung oleh para ibu-ibu pengrajin, serta terbuat dari bahan-bahan dasar lokal dan ramah lingkungan. Akoia Swim berdiri sebagai bisnis yang berkelanjutan dan hal ini dapat terlihat mulai dari produk mereka, hingga media sosial mereka. Salah satu media sosial yang sering mereka gunakan untuk mengunggah, mulai dari produk mereka hingga kepedulian mereka terhadap lingkungan adalah Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh terpaan green message framing di Instagram terhadap purchase intention melalui green perceived value. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei atau kuesioner kepada 384 responden yang memiliki kriteria, yaitu berjenis kelamin wanita, berusia 18-30 tahun, tinggal di Asia Tenggara, dan pengikut Instagram Akoia Swim. Data yang didapatkan dari survei diolah dengan menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 29 dan IBM SPSS AMOS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan green message framing memiliki pengaruh langsung pada green perceived value, namun tidak berpengaruh langsung pada purchase intention. Akan tetapi terpaan green message framing memiliki pengaruhi tidak langsung pada purchase intention melalui green perceived value sebagai perantara. Hasil ini menegaskan pentingnya green perceived value sebagai mediator penuh dalam konteks sustainable fashion dan bagaimana terpaan green message framing di media sosial Instagram terbukti tidak selalu memberikan pengaruh secara langsung terhadap minat beli.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Green message framing, green perceived value, purchase intention, slow fashion, keberlanjutan
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 31 Jul 2025 11:03
Last Modified: 31 Jul 2025 11:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39514

Actions (login required)

View Item View Item