Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Adopsi Produk IQOS oleh Konsumen Dewasa

Fitria Andjani, Syafa (2025) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Adopsi Produk IQOS oleh Konsumen Dewasa. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (850kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (416kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (539kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (455kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (314kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi adopsi produk IQOS oleh konsumen dewasa dengan menggunakan kerangka teori Difusi Inovasi dari Everett M. Rogers. Lima karakteristik inovasi yang dianalisis meliputi: relative advantage (keunggulan relatif), compatibility (kesesuaian), complexity (tingkat kemudahan), trialability (kemudahan dicoba), dan observability (keterlihatan manfaat). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 100 responden pengguna IQOS di wilayah DKI Jakarta, Kota Bogor, dan Kota Tangerang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara non-probability sampling yang disesuaikan dengan kriteria inklusi responden. Data dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (SEM-PLS) dengan bantuan software SmartPLS 4.1.1.4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat variabel, yaitu relative advantage, compatibility, complexity, dan trialability, berpengaruh positif dan signifikan terhadap adopsi produk IQOS. Sementara itu, variabel observability tidak berpengaruh signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa persepsi manfaat, kesesuaian, kemudahan penggunaan, dan kemudahan mencoba menjadi pendorong utama dalam keputusan konsumen untuk mengadopsi IQOS sebagai alternatif produk tembakau.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Adopsi, IQOS, SEM-PLS, Teori Difusi Inovasi
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 31 Jul 2025 11:05
Last Modified: 31 Jul 2025 11:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39530

Actions (login required)

View Item View Item