ChatGPT dan Budaya Instan dalam Pendidikan Tinggi: Studi Fenomenologi pada Lingkungan Akademik Universitas Multimedia Nusantara

Julius Hartoto, Ferdinand (2025) ChatGPT dan Budaya Instan dalam Pendidikan Tinggi: Studi Fenomenologi pada Lingkungan Akademik Universitas Multimedia Nusantara. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (965kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (275kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (552kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (450kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (331kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (369kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah fenomena penggunaan Generative AI, seperti ChatGPT, dalam aktivitas akademik di lingkungan pendidikan tinggi oleh mahasiswa dan dosen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan memahami pengalaman subjektif sejumlah mahasiswa dan dosen yang menggunakan ChatGPT di Universitas Multimedia Nusantara (UMN), serta memahami makna dan persepsi terhadap budaya instan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi menurut Moustakas (1994) untuk memahami pengalaman hidup partisipan secara mendalam. Analisis dilakukan menggunakan teori interaksi simbolik dengan konsep-konsep utama seperti mind, self, dan society. Penelitian ini juga mempertimbangkan konsep etika pendidikan tinggi dan budaya instan untuk memahami bagaimana makna pengalaman dikonstruksi secara sosial dan personal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami penggunaan ChatGPT sebagai alat efisiensi untuk menyelesaikan tugas, sedangkan dosen mengalaminya sebagai contoh budaya instan dan mempersepsikannya sebagai jalan pintas yang memiliki risiko mengurangi kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengalaman subjektif mahasiswa dan dosen dalam penggunaan ChatGPT membentuk makna efisiensi dan persepsi terhadap budaya instan sebagai jalan pintas, yang turut membentuk perilaku melalui interaksi sosial dan etika akademik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: ChatGPT, budaya instan, fenomenologi, pendidikan tinggi, etika akademik
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 31 Jul 2025 11:07
Last Modified: 31 Jul 2025 11:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39542

Actions (login required)

View Item View Item