Optimalisasi Strategi Undangan Event Berbasis Segmentasi Pelanggan Menggunakan RFM dan Clustering di PT XYZ Finance

Yulianto, Dwi (2025) Optimalisasi Strategi Undangan Event Berbasis Segmentasi Pelanggan Menggunakan RFM dan Clustering di PT XYZ Finance. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (677kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (425kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (539kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (356kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

Transformasi digital yang berlangsung secara masif di industri jasa keuangan mendorong perusahaan pembiayaan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran melalui pendekatan berbasis data (data-driven). PT XYZ Finance, sebagai salah satu entitas pembiayaan terbesar di Indonesia, menghadapi tantangan dalam efektivitas distribusi undangan event promosi, yang ditandai oleh tingkat kehadiran pelanggan yang rendah dan kurangnya ketepatan sasaran dalam komunikasi pemasaran. Permasalahan tersebut disebabkan oleh belum diterapkannya sistem segmentasi pelanggan yang terstruktur dan berbasis perilaku transaksi. Melalui program magang selama lima bulan di Departemen CRM Data Mining, telah dilakukan serangkaian inisiatif pengembangan sistem segmentasi pelanggan dengan pendekatan Recency, Frequency, Monetary (RFM) dan algoritma K- Means Clustering. Proses kerja mencakup ekstraksi dan pembersihan data, transformasi fitur, analisis segmentasi, serta evaluasi efektivitas menggunakan metode backtesting. Selain itu, dikembangkan pula aplikasi web interaktif berbasis Streamlit untuk mempermudah proses segmentasi dan distribusi data pelanggan kepada seluruh cabang melalui sistem email otomatis. Di samping itu, penulis juga berkontribusi dalam pengembangan aplikasi validasi data kependudukan serta pipeline penggabungan data telesales. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan akurasi sasaran promosi serta efisiensi operasional yang signifikan. Secara keseluruhan, kegiatan magang ini memberikan kontribusi nyata terhadap proses digitalisasi perusahaan dan memperkuat keterampilan penulis dalam bidang customer analytics dan pengembangan solusi berbasis teknologi.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: aplikasi analitik, K-Means Clustering, promosi berbasis data, RFM, segmentasi pelanggan
Subjects: ?? T70 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 31 Jul 2025 13:02
Last Modified: 31 Jul 2025 13:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39556

Actions (login required)

View Item View Item