Clarissa, Clarissa (2025) Peran Public Relations Analyst Intern di Unit Corporate Communication Kompas Gramedia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (791kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (326kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (519kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (248kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (54kB) |
Abstract
Latar Belakang pemilihan tempat magang ini adalah pentingnya peran komunikasi strategis dalam membangun citra dan reputasi perusahaan media. Tujuan dari kerja magang ini adalah untuk mengimplementasikan konsep public relations pada perusahaan tempat kerja magang. Perusahaan yang menjadi tempat kerja magang adalah Kompas Gramedia, salah satu konglomerasi media terbesar di Indonesia. Posisi yang dipilih dalam aktivitas magang adalah Public Relations Analyst yang berada dalam Unit Corporate Communication. Deskripsi pekerjaan Public Relations Analyst adalah menyusun strategi komunikasi eksternal dan internal, menulis siaran pers, memantau isu di media, serta terlibat dalam program CSR dan kegiatan komunikasi perusahaan lainnya. Konsep yang digunakan dalam laporan magang ini adalah teori komunikasi strategis menurut Johnston & Glenny (2020), serta konsep media monitoring dan public relations value menurut Mahoney (2025) dan Bangun & Alvin (2023). Kendala utama dalam proses kerja magang adalah perlunya penyesuaian terhadap gaya komunikasi lintas unit serta dinamika kerja yang cepat. Setelah dilakukan aktivitas magang selama seratus hari, didapatkan kesimpulan bahwa peran Public Relations Analyst penting dalam memastikan penyampaian informasi perusahaan berlangsung efektif dan menjaga hubungan dengan publik tetap positif.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | public relations, komunikasi strategis, media monitoring, corporate communication, press release |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 13:09 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 13:09 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39611 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |