Richardo Nugraha, Deryan (2025) Aktivitas Sales Promotion di PT Saka Farma Laboratories. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (977kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (980kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (864kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (444kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (53kB) |
Abstract
Latar belakang pemilihan tempat magang didasarkan pada pertumbuhan industri farmasi yang menuntut strategi komunikasi pemasaran yang efektif. Tujuan dari magang ini adalah mengimplementasikan konsep komunikasi strategis dalam aktivitas sales promotion. Perusahaan tempat magang adalah PT Saka Farma Laboratories, Kalbe Farma Group, yang bergerak dalam distribusi dan pemasaran produk kesehatan. Posisi yang diambil adalah Sales Promotion Intern pada Departemen Sales. Deskripsi pekerjaan sales promotion meliputi pengelolaan materi promosi (POSM), pelaksanaan event pemasaran, pelatihan produk bagi staf, serta pembuatan materi pendukung penjualan. Konsep yang digunakan dalam laporan ini mencakup sales promotion, komunikasi strategis, dan pendekatan consumer-oriented. Kendala utama selama pelaksanaan magang, tantangan yang dihadapi meliputi ketidaksesuaian distribusi antara produk dan POSM, kurangnya koordinasi dalam penyelenggaraan event, serta kesenjangan pemahaman produk oleh staf promosi. Kesimpulan bahwa sales promotion berperan penting dalam membangun persepsi konsumen dan mendorong keputusan pembelian, serta membutuhkan kerja sama lintas fungsi agar pelaksanaannya berjalan optimal.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Sales Promotion, POSM, Komunikasi Strategis, Kalbe Consumer Health, Consumer-oriented |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 13:10 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 13:10 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39616 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |