Analisis Faktor-faktor Atasan Melakukan Phubbing

Enjelita, Enjelita (2025) Analisis Faktor-faktor Atasan Melakukan Phubbing. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (554kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (206kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (294kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (67kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (53kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Munculnya phubbing di lingkungan kerja startup dapat menyebabkan hubungan kerja menjadi renggang dan penurunan produktivitas karyawan. Penelitian ini berfokus pada faktor-faktor yang mendorong atasan melakukan phubbing di perusahaan startup, dengan mendalami budaya organisasi yang memengaruhi beragam respons dari bawahan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan paradigma konstruktivisme bersifat interpretatif, melalui metode studi kasus menurut Stake dan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam. Penelitian ini melibatkan lima orang partisipan dengan kriteria sebagai atasan (khususnya supervisor kreatif) yang bekerja di perusahaan startup digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atasan di lingkungan startup pernah melakukan phubbing yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti normalisasi hustle culture, tuntutan respons cepat, serta ketergantungan tinggi terhadap teknologi dan media sosial. Meskipun demikian, budaya organisasi yang cenderung kekeluargaan dan menjunjung tinggi solidaritas menyebabkan perilaku phubbing ini tidak memberikan dampak signifikan terhadap kinerja dan produktivitas bawahan. Temuan ini menunjukkan pentingnya pemahaman terhadap konteks budaya kerja dalam menilai dampak komunikasi non-verbal seperti phubbing di lingkungan organisasi modern.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: budaya organisasi, komunikasi vertikal, new media, phubbing, smartphone
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 02 Aug 2025 11:03
Last Modified: 02 Aug 2025 11:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39717

Actions (login required)

View Item View Item