Jocelin Eleora, Brigita (2025) Peran Social Media Specialist Intern di PT Gumindo Bogamanis (Kuaci RE-BO). MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (807kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (672kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (734kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (51kB) |
Abstract
Industri makanan dan minuman (F&B) di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, hal tersebut mendorong setiap perusahaan untuk memanfaatkan media sosial untuk mendukung proses pemasaran. PT Gumindo Bogamanis (Kuaci RE-BO) menggunakan platform digitalnya untuk memperkuat citra dan brand awareness mereknya. Komunikasi yang berhasil dapat memperkuat pesan brand serta membangun hubungan dengan pelanggan melalui interaksi dua arah. Tujuan magang ini adalah untuk mengimplementasikan teori komunikasi khususnya pada mata kuliah Social Media & Mobile Marketing Strategy (MSC 3301). Teori yang digunakan adalah kerangka perencanaan pemasaran SOSTAC menurut Smith & Chaffey. Penulis berhasil memahami bagaimana seorang Social Media Specialist dapat meningkatkan brand engagement, memperluas jangkauan audiens, serta membangun brand awareness pada industri (F&B) melalui pemasaran di media sosial. Penulis terlibat pada aktivitas pemasaran Kuaci RE-BO melalui berbagai tugas yang berikan, yaitu meriset tren, penyusunan editorial plan, copywriting, produksi konten, publikasi konten, hingga pembuatan social media report yang dilakukan setiap bulannya. Penulis berkontribusi secara nyata dalam meningkatkan engagement rate dan jumlah pengikut akun media sosial Kuaci RE- BO, serta konten yang dirancang dapat berhasil menarik minat audiens generasi Z. Melalui program magang ini, penulis memperoleh pengalaman yang berharga terutama dalam pengembangan soft skill serta kreativitas di dunia kerja nyata. Selain itu, kemampuan dalam berkomunikasi juga dilatih khususnya dalam berkoordinasi antar tim. Dalam hal manajemen waktu dan berpikir secara kreatif juga dilatih agar menjadi pribadi yang lebih berkompeten. Namun, bagi perusahaan disarankan merumuskan tujuan pemasaran secara khusus agar aktivitas pemasaran dapat terfokus dan terlaksana dengan lebih optimal, serta penyediaan fasilitas pendukung produksi konten.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Industri F&B, Media Sosial, Komunikasi Pemasaran Digital, Social Media Specialist, Kuaci RE-BO, SOSTAC |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 02 Aug 2025 13:04 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 13:04 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39745 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |