Aktivitas Magang dalam Pembuatan Social Media Yupi Malaysia di PT Yupi Indo Jelly Gum

Carissa, Sheren (2025) Aktivitas Magang dalam Pembuatan Social Media Yupi Malaysia di PT Yupi Indo Jelly Gum. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (400kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (370kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (366kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

PT Yupi Indo Jelly Gum adalah perusahaan manufaktur gummy asal Indonesia sejak tahun 1996 dan secara aktif melakukan ekspansi ke pasar internasional. Ekspansi pasar ini membuat Yupi harus melakukan komunikasi efektif menggunakan media sosial untuk menjangkau masyarakat setempat. Dalam konteks ini, saya sebagai Marketing Export Intern, bertujuan untuk mempelajari cara kolaborasi dengan pihak eksternal khususnya di departemen International Business sekaligus mengasah kreativitas dalam pembuatan inovasi produk baru. Selama magang, saya terlibat dalam proses pemilihan creative agency di Malaysia menggunakan konsep SOSTAC, membuat berbagai ide produk baru menggunakan konsep Design Thinking, membuat presentasi pendukung produk baru, dan membantu divisi Marketing dan Sales dalam mengumpulkan data produk kompetitor. Partisipasi aktif saya berhasil mempercepat waktu pemilihan agensi dan meringankan pekerjaan divisi Marketing dan Sales. Praktik kerja magang ini mengajarkan saya bahwa pemilihan agensi yang tepat sebagai jembatan komunikasi antara perusahaan dan konsumen merupakan hal yang sangat penting sekaligus mengajarkan proses kreatif dibalik pembuatan inovasi produk baru yang selama ini tidak pernah dipelajari di kampus. Oleh karena itu, saya menyarankan pihak kampus dapat menambahkan materi inovasi produk yang disertai dengan praktik komunikasi nyata dan membekali mahasiswa terhadap kriteria pemilihan agensi yang efektif dari sisi perusahaan, yaitu singkat, padat, dan jelas.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Marketing Export International, Komunikasi Digital, Inovasi Produk Baru, Pemilihan Agensi Kreatif Aktivitas Magang dalam..., Sheren Carissa, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 02 Aug 2025 13:07
Last Modified: 02 Aug 2025 13:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39767

Actions (login required)

View Item View Item