Carissa, Sheren (2025) Aktivitas Magang dalam Pembuatan Social Media Yupi Malaysia di PT Yupi Indo Jelly Gum. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (400kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (370kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (366kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (884kB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (53kB) |
Abstract
PT Yupi Indo Jelly Gum adalah perusahaan manufaktur gummy asal Indonesia sejak tahun 1996 dan secara aktif melakukan ekspansi ke pasar internasional. Ekspansi pasar ini membuat Yupi harus melakukan komunikasi efektif menggunakan media sosial untuk menjangkau masyarakat setempat. Dalam konteks ini, saya sebagai Marketing Export Intern, bertujuan untuk mempelajari cara kolaborasi dengan pihak eksternal khususnya di departemen International Business sekaligus mengasah kreativitas dalam pembuatan inovasi produk baru. Selama magang, saya terlibat dalam proses pemilihan creative agency di Malaysia menggunakan konsep SOSTAC, membuat berbagai ide produk baru menggunakan konsep Design Thinking, membuat presentasi pendukung produk baru, dan membantu divisi Marketing dan Sales dalam mengumpulkan data produk kompetitor. Partisipasi aktif saya berhasil mempercepat waktu pemilihan agensi dan meringankan pekerjaan divisi Marketing dan Sales. Praktik kerja magang ini mengajarkan saya bahwa pemilihan agensi yang tepat sebagai jembatan komunikasi antara perusahaan dan konsumen merupakan hal yang sangat penting sekaligus mengajarkan proses kreatif dibalik pembuatan inovasi produk baru yang selama ini tidak pernah dipelajari di kampus. Oleh karena itu, saya menyarankan pihak kampus dapat menambahkan materi inovasi produk yang disertai dengan praktik komunikasi nyata dan membekali mahasiswa terhadap kriteria pemilihan agensi yang efektif dari sisi perusahaan, yaitu singkat, padat, dan jelas.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Marketing Export International, Komunikasi Digital, Inovasi Produk Baru, Pemilihan Agensi Kreatif Aktivitas Magang dalam..., Sheren Carissa, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 02 Aug 2025 13:07 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 13:07 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39767 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |