Rancang Bangun Aplikasi Intelligent Tutoring System (ITS) pada Mata Pelajaran Matematika menggunakan Self Attentive Model for Knowledge Tracing (SAKT)

Gilbert Wiguna, Orde (2025) Rancang Bangun Aplikasi Intelligent Tutoring System (ITS) pada Mata Pelajaran Matematika menggunakan Self Attentive Model for Knowledge Tracing (SAKT). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (215kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (331kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (327kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (207kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)

Abstract

Pendidikan adalah satu aspek yang sangat penting dalam kehidupan seseorang, terutama pada pelajar kelas 8 dimana penguasaan materi pada kelas tersebut berperan dalam membentuk pemikiran pelajar. Sayangnya, seringkali didapati bahwa proses pembelajaran yang dilalui oleh seorang pelajar tidak mengakomodasi kebutuhan mereka dan mengakibatkan berkurangnya kemampuan akademik mereka, terutama pada mata pelajaran matematika. Untuk meningkatkan performa pelajar secara individual, diperlukan sebuah sistem dimana proses belajar mereka dapat dipersonalisasikan. Salah satu cara untuk mencapai pembelajaran terpersonalisasi adalah dengan menggunakan Intelligent Tutoring System (ITS) dalam bentuk aplikasi web. ITS dengan fungsi utama adaptive learning dapat mengadaptasikan konten materi yang diberikan dengan performa pelajar. Fungsi adaptasi ini dapat dicapai dengan mengintegrasikan model machine learning Self- Attention for Knowledge Tracing (SAKT). Dengan model SAKT, aplikasi ITS dapat menganalisis riwayat belajar seorang pelajar dan mengadaptasikan konten materi sesuai dengan performa pelajar. Aplikasi ini didesain dengan metode prototyping. Desain sistem dilakukan dengan Structured Analysis/Structured Design (SA/SD) karena sistem yang dibangun terfokus pada satu pengguna dan urutan proses yang jelas. Hasil yang didapat adalah aplikasi ITS yang operasional dengan fungsi adaptasi yang dicapai menggunakan model SAKT dengan AUC Score tertinggi dari hasil hyperparameter tuning pada angka 0.7154 dan dengan semua fitur yang bekerja sesuai ekspektasi berdasarkan keberhasilan semua test case pada blackbox testing.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Adaptive Learning, Intelligent Tutoring System (ITS), Pendidikan, Self-Attentive Model for Knowledge Tracing (SAKT)
Subjects: ?? T58.5-58.64 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Aug 2025 11:02
Last Modified: 06 Aug 2025 11:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39870

Actions (login required)

View Item View Item