Rancang Bangun Sistem Informasi Sekolah pada Sekolah Singapore International School menggunakan metode iterative

Felicio Febriansa, Fierly (2025) Rancang Bangun Sistem Informasi Sekolah pada Sekolah Singapore International School menggunakan metode iterative. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (209kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (457kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (206kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)

Abstract

Pada era digital saat ini, pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia pendidikan menjadi semakin krusial, termasuk di Singapore International School PIK (SIS-PIK). Salah satu tantangan utama yang dihadapi adalah ketiadaan sistem pemantauan akademik dan kehadiran siswa yang dapat diakses secara real-time oleh orang tua. Selama ini, informasi mengenai perkembangan siswa hanya tersedia melalui rapor akhir semester atau komunikasi email yang tidak selalu efektif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dikembangkan sebuah sistem informasi sekolah berbasis web berupa Parent Portal, yang memungkinkan orang tua memantau nilai, tugas, kehadiran, dan jadwal siswa secara langsung. Pengembangan sistem ini menggunakan metode iteratif karena kemampuannya dalam menangani perubahan kebutuhan pengguna secara bertahap dan fleksibel, terutama dalam proyek berskala kecil yang hanya melibatkan satu orang pengembang. Setiap iterasi fokus pada peningkatan antarmuka pengguna, penyesuaian fitur, serta perbaikan terhadap kesalahan sistem. Sistem dibangun menggunakan bahasa pemrograman C# dengan platform ASP.NET dan basis data terstruktur untuk menyimpan informasi siswa, guru, mata pelajaran, nilai, dan kehadiran. Berdasarkan pengujian terhadap 40 responden menggunakan kuesioner skala Likert, diperoleh nilai rata-rata untuk variabel Perceived Ease of Use sebesar 90%, Perceived Usefulness sebesar 81%, Attitude Toward Using sebesar 84%, Behavioral Intention to Use sebesar 77%, dan Actual Use sebesar 78%. Nilai rata-rata keseluruhan sebesar 82% menunjukkan bahwa sistem diterima dengan sangat baik oleh pengguna, khususnya orang tua. Temuan ini menunjukkan bahwa sistem informasi sekolah berbasis web ini tidak hanya meningkatkan efisiensi komunikasi dan transparansi data akademik secara real-time, tetapi juga memperkuat keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan anak.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: ASP.NET, Iteratif, Parent Portal, Sekolah, Sistem Informasi
Subjects: ?? T58.5-58.64 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Aug 2025 11:03
Last Modified: 06 Aug 2025 11:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39874

Actions (login required)

View Item View Item