Pengaruh Kualitas Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Big Data Analytics

Liong Jonathan, Timothy (2025) Pengaruh Kualitas Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Big Data Analytics. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (706kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (146kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (192kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (478kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (146kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)
[img] Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip

Download (939kB)

Abstract

Kualitas lingkungan belajar memainkan peran penting dalam mendukung prestasi akademik mahasiswa. Faktor-faktor pengaruh seperti fasilitas kampus, kondisi ruang belajar, interaksi sosial, serta dukungan akademik dapat mempengaruhi efektivitas proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana kualitas lingkungan belajar mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa dengan menerapkan pendekatan Big Data menggunakan algoritma Random Forest dan Linear Regression. Sumber data yang digunakan meliputi survei mahasiswa, rekam jejak akademik, serta data pendukung lainnya. Analisis prediktif dilakukan dengan teknik pemrosesan analitik Big Data untuk mengidentifikasi pola dan faktor utama yang berkontribusi terhadap pencapaian akademik mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa algoritma Random Forest menghasilkan akurasi prediksi lebih tinggi dengan nilai R² sebesar 0.8421 dan MAE sebesar 0.0764, dibandingkan dengan algoritma Linear Regression yang memiliki R² sebesar 0.8059 dan MAE sebesar 0.0972. Temuan ini menunjukkan bahwa Random Forest mampu memodelkan hubungan yang kompleks antara faktor lingkungan belajar dan IPK mahasiswa dengan lebih baik. Hasil ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih komprehensif bagi institusi pendidikan dalam merancang strategi peningkatan kualitas lingkungan belajar guna mendukung prestasi akademik secara optimal.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: analitik Big Data, prestasi akademik mahasiswa, penerapan Big Data
Subjects: ?? T70 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 08 Aug 2025 13:01
Last Modified: 08 Aug 2025 13:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39901

Actions (login required)

View Item View Item