Penggunaan Media Cetak sebagai Media Sosialisasi dan Brand Campaign 'Pedagang Siaga' untuk Edukasi Mitigasi Bencana di Desa Situregen melalui Pedagang

Devano, Fernando (2025) Penggunaan Media Cetak sebagai Media Sosialisasi dan Brand Campaign 'Pedagang Siaga' untuk Edukasi Mitigasi Bencana di Desa Situregen melalui Pedagang. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (822kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (377kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (369kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (356kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (296kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (52kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki tingkat kerawanan tinggi terhadap bencana gempa bumi dan tsunami karena berada di wilayah Ring of Fire. Kondisi geografis ini menyebabkan masyarakat Indonesia rentan mengalami dampak destruktif dari kedua jenis bencana tersebut. Upaya mitigasi bencana yang efektif memerlukan partisipasi aktif dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk kelompok pedagang yang memiliki peran strategis dalam interaksi sosial sehari-hari. Pedagang, baik pedagang kaki lima, pedagang pasar tradisional, maupun pedagang keliling, memiliki jangkauan yang luas dan kontak langsung dengan masyarakat di berbagai tingkatan. Potensi ini dapat dioptimalkan untuk menyebarkan pengetahuan mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami kepada masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program "Pedagang Siaga" yang dapat mengoptimalkan peran pedagang sebagai agen mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami melalui pemberdayaan mereka sebagai penyebar informasi dan edukasi. Program ini menggunakan media cetak sebagai instrumen utama karena kemudahan akses, tidak memerlukan teknologi kompleks, dan dapat disebarluaskan secara efektif. Media cetak yang dikembangkan berupa leaflet, poster, brosur, dan panduan praktis yang memuat informasi komprehensif tentang karakteristik gempa bumi dan tsunami, sistem peringatan dini, teknik mitigasi, serta prosedur evakuasi dan tanggap darurat. Melalui pendekatan partisipatif yang melibatkan pelatihan pedagang dan distribusi media edukatif, program "Pedagang Siaga" diharapkan dapat menciptakan jaringan informasi mitigasi yang berkelanjutan dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan ketangguhan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana gempa bumi dan tsunami.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Pedagang, Sosialisasi, Mitigasi
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Aug 2025 13:01
Last Modified: 09 Aug 2025 13:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/39927

Actions (login required)

View Item View Item