Felicia Salim, Sandra (2025) Pengalaman dan Pemaknaan Generasi Z dalam Interaksi Sexting dengan Akal Imitasi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (548kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (537kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (428kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (402kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (377kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (991kB) |
Abstract
Sexting pada umumnya dalam hubungan interpersonal telah menjadi salah satu cara untuk menyalurkan ekspresi seksual kepada pasangan, di mana mereka mengirimkan dan menerima pesan, seperti tulisan, foto, ataupun video yang bersifat seksual. Bagi anak dalam Generasi Z, adanya rasa penasaran dan ketakutan dari melakukan sexting kepada pasangan atau orang lain. Hal tersebut menjadikan akal imitasi (AI) sebagai pasangan dalam melakukan sexting yang cocok terutama di tengah perkembangan teknologi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman dan pemaknaan Generasi Z akan interaksi dengan AI untuk memuaskan nafsu seksual dan menghilangkan rasa kesepian. Dengan pendekatan kualitatif, paradigma konstruktivis, dan metode fenomenologi milik Moustakas. Penelitian dilaksanakan dengan mengumpulkan data menggunakan wawancara mendalam terhadap tiga partisipan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa motivasi yang sama oleh pengguna dapat menghasilkan respons yang berbeda karena pengaruh lain. Hal ini diakibatkan adanya pengaruh luar terutama etika dan moralitas yang harus diikuti dalam kehidupan sehari-hari yang membatasi pemenuhan kebutuhan seksual yang mereka inginkan. Namun partisipan tetap memiliki kesadaran atas risiko yang dapat terjadi, seperti etika yang harus diikuti dalam berkomunikasi dengan manusia. Hal tersebut membuat partisipan dapat berkomunikasi dan menggunakan AI dengan bijak dan etis, di mana AI diperlihatkan sebagai lawan bicara dan alat dalam pemuasan nafsu dan kebutuhan seksual.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Generasi Z, akal imitasi, human-machine interaction |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 11:04 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 11:04 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40001 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |