Resepsi Nilai-Nilai Local Pride dalam Penggunaan Sepatu Brand Lokal Studi pada Remaja Penonton Product Review di Channel Youtube Dr Tirta

Onesiforus, Tadeus Yefta (2025) Resepsi Nilai-Nilai Local Pride dalam Penggunaan Sepatu Brand Lokal Studi pada Remaja Penonton Product Review di Channel Youtube Dr Tirta. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (179kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (208kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (71kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (63kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)

Abstract

Perkembangan digital, khususnya media sosial dan YouTube, telah mendorong perubahan besar dalam pola konsumsi masyarakat, termasuk dalam mendukung produk-produk lokal. Salah satu platform yang aktif mengampanyekan nilai-nilai local pride adalah channel YouTube Dr. Tirta, melalui seri kontennya bertajuk #TirtaLokal. Ulasan produk yang disajikan tidak hanya berfungsi sebagai promosi, tetapi juga menyampaikan narasi kebanggaan terhadap produk lokal Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana remaja atau dewasa muda menafsirkan pesan-pesan nilai local pride yang disampaikan melalui konten product review sepatu lokal di channel YouTube Dr. Tirta. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi factor faktor yang memengaruhi pemaknaan audiens terhadap brand sepatu lokal, serta melihat sejauh mana resepsi tersebut berdampak pada sikap dan keputusan pembelian produk lokal oleh audiens. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode reception analysis atau analisis resepsi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap tiga partisipan usia 21­25 tahun yang aktif menonton dan berkomentar pada konten Dr. Tirta. Proses analisis menggunakan model encoding/decoding dari Stuart Hall, dengan tiga kategori posisi pemaknaan: dominant-hegemonic, negotiated, dan oppositional. Triangulasi sumber dan dokumen digunakan untuk menjaga validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua partisipan berada pada posisi hegemonic dominant, yaitu sepenuhnya menerima pesan local pride yang disampaikan dalam konten. Satu partisipan berada dalam posisi negotiated, di mana ia setuju sebagian nilai yang disampaikan tetapi tetap selektif dalam memilih produk lokal. Faktor yang memengaruhi resepsi meliputi pengalaman pribadi, latar belakang sosial, dan keterlibatan dalam media digital. Konten YouTube Dr. Tirta berhasil membentuk opini publik, meningkatkan kesadaran akan produk lokal, dan mempengaruhi keputusan pembelian. Proses decoding yang dilakukan oleh partisipan juga memperlihatkan bahwa media digital mampu menjadi sarana efektif dalam membangun nasionalisme ekonomi melalui komunikasi yang relevan dan menarik bagi generasi muda.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Onesiforus, Tadeus Yefta (00000029770)
Contributors: Widitiarsa Utoyo, Arsa
Keywords: Local pride, resepsi audiens, YouTube, sepatu lokal, Stuart Hall.
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Date Deposited: 09 Sep 2025 03:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40046

Actions (login required)

View Item View Item