Fiola, Venesia (2025) Perancangan Kampanye Mengenai Oversharing di Media Sosial pada Remaja. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (851kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (297kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (554kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (262kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Media sosial mejadi sarana berbagi informasi dan terhubung dengan orang lain. Perkembangan media sosial memicu oversharing, informasi pribadi yang dibagikan berlebihan. Pelaku oversharing yang utama adalah remaja dengan penggunaan sosial media secara intens. Banyak pelaku yang tahu tentang oversharing tapi tidak memikirkan konsekuensi yang bisa berakibat fatal dengan penyalahgunaan informasi yang disebarkan. Namun, informasi yang disebarkan di media sosial bisa terlalu privat atau pribadi. Informasi tersebut menyebabkan dampak negatif seperti penculikan, pelanggaran privasi, pencurian identitas, dan kesehatan mental. Minimnya kampanye tentang oversharing. Sebelumnya, terdapat komik digital tentang oversharing namun kurang membahas tentang kesadaran batasan informasi di media sosial terkait resiko oversharing yaitu keamanan dan konflik sosial. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk merancang kampanye dalam bentuk media sosial untuk mempersuasi remaja mengurangi oversharing. Metode pernelitian yang dilakukan adalah mixed method dengan kualitatif melalui wawancara dengan expert dan FGD, serta kuantitatif melalui kuesioner google form untuk merancang kampanye tentang oversharing. Metode perancangan yang dilakukan adalah graphic design solutions untuk merancang kampanye. Penelitian diharapkan dapat menghasilkan media kampanye berupa media sosial sebagai media utama yang mudah di akses oleh kalangan remaja. Media sosial yang digunakan adalah instagram yang terdiri dari post, story, reels hingga ads. Media sekundernya adalah merchandise, gimmick, poster, X banner dan booth.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Fiola, Venesia (00000056340) |
Contributors: | Hefira, Vania |
Keywords: | Oversharing, Media Sosial, Remaja |
Subjects: | 700 Arts and Recreation |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 06:01 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40059 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |