Naufal, Mohamad (2025) Perancangan Game Simulasi Evakuasi Kebakaran di Gedung Tinggi. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (661kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (123kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (152kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (126kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip Download (5MB) |
Abstract
Kasus kebakaran yang terjadi di Indonesia mengalami tren kenaikan dari tahun 2018 hingga 2023. Bahkan, pada tahun 2023, rekor kasus terbanyak dipecahkan. Ini menandakan bahwa di Indonesia, risiko kebakaran semakin hari semakin nyata. Di lain sisi, terdapat universitas-universitas di Indonesia yang tergolong kedalam gedung tinggi, golongan gedung tersebut memerlukan prosedur evakuasi kebakaran yang lebih lengkap dibandingkan jenis gedung lainnya. Menurut survei yang telah dilakukan terhadap mahasiswa di daerah Jabodetabek, media informasi yang digunakan oleh kampus dirasa kurang menarik. Atas masalah ini, akan dirancang gim simulasi evakuasi kebakaran di gedung tinggi untuk mahasiswa. Perancangan gim dilakukan menggunakan metode desain Human-Centered Design yang terdiri dari tiga tahapan, yakni Inspiration, Ideation, dan Implementation. Pada tahapan pertama, riset terhadap audiens yakni mahasiswa daerah jabodetabek, serta riset mengenai konten edukasi kebakaran dilakukan. riset meliputi survei menggunakan kuesioner, focus group discussion, wawancara ahli, studi eksisting, dan studi literatur. Pengembangan teknis gim dilakukan pada fase ideation. Gim dikembangkan dengan perangkat lunak Unity, Blender, Krita, dan Visual Studio Code. Hasil akhir gim kemudian diuji kualitas dan efektifitasnya dalam beta test kepada mahasiswa. Pada akhirnya, disimpulkan bahwa gim bisa menjadi media alternatif edukasi prosedur kebakaran yang lebih menarik bagi mahasiswa, namun kesulitan yang ada pada gim berpotensi menghalangi audiens dari mempelajari prosedur evakuasi secara lengkap.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Naufal, Mohamad (00000056710) |
Contributors: | Cennywati, Cennywati |
Keywords: | Gim Simulasi, Evakuasi Kebakaran, Gedung tinggi, Mahasiswa |
Subjects: | 700 Arts and Recreation |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 06:04 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40079 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |