Perancangan Kampanye untuk Meningkatkan Kesadaran Orang Tua terhadap Bahaya Anak Kecanduan Game Online

Bhimo Patrianto, Bartolomeus (2025) Perancangan Kampanye untuk Meningkatkan Kesadaran Orang Tua terhadap Bahaya Anak Kecanduan Game Online. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (969kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (127kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (196kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (160kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi, popularitas game online meningkat di kalangan masyarakat, terutama anak-anak. Popularitas tersebut dibuktikan dengan banyaknya jumlah pemain game online aktif di Indonesia yang mencapai 3,5 juta orang setiap harinya. Sayangnya, tanpa pengawasan yang tepat dari orang tua, game online dapat menimbulkan dampak negatif yang signifikan pada tumbuh dan kembang anak, terutama kecanduan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah kampanye persuasif yang dapat meningkatkan kesadaran orang tua mengenai bahaya kecanduan game online pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan wawancara bersama psikolog spesialis anak untuk mendapatkan pengetahuan tentang kecanduan game online dalam ranah psikologi. Lalu, wawancara dengan orang tua berusia 35 ­ 45 tahun yang memiliki anak usia 4 ­ 6 tahun untuk mendapatkan pandangan terkait pola asuh anak. Selain itu, metode Focus Group Discussion (FGD) juga dilakukan bersama anak-anak untuk mendapatkan pengalaman mereka saat bermain game online. Observasi dan kuesioner juga dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai topik masalah yang diangkat pada perancangan ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua belum sepenuhnya sadar akan potensi bahaya kecanduan game online pada anak. Perancangan kampanye ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran orang tua, sehingga mereka dapat mengambil langkah-langkah preventif untuk mencegah kecanduan game online pada anak.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Bhimo Patrianto, Bartolomeus (00000056841)
Contributors: Brahma, Adhreza
Keywords: Game online, Kecanduan, Kesadaran orang tua
Subjects: 700 Arts and Recreation
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40096

Actions (login required)

View Item View Item