Clarissa Manalu, Maria (2025) Pengaruh Kredibilitas Pesan Electronic Word of Mouth (EWOM) terhadap Minat Beli Mobil Battery Electric Vehicle (BEV) Wuling pada Pengguna TikTok di Jakarta. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (332kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (324kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (211kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (126kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dalam beberapa tahun belakangan, angka penjualan kendaraan listrik di Indonesia mulai menunjukkan peningkatan secara signifikan. Meski begitu, survei yang diselenggarakan oleh salah satu lembaga terkemuka menunjukkan bahwa minat beli masyarakat terhadap kendaraan listrik masih rendah. Padahal, Pemerintah Indonesia telah menetapkan target penggunaan mobil listrik mencapai 2 juta unit di jalan pada 2030. Berlandaskan hal tersebut, dan dengan mempertimbangkan tingginya konsumsi masyarakat Indonesia terhadap media sosial TikTok, maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari tahu ada atau tidaknya pengaruh dari kredibilitas pesan Electronic Word of Mouth (EWOM) terhadap minat beli produk mobil Battery Electric Vehicle (BEV) Wuling pada pengguna TikTok di Jakarta, serta untuk mencari tahu seberapa besar pengaruhnya. Pemilihan produk BEV dari merek Wuling untuk dikaji dalam penelitian ini didasarkan oleh pencapaian positif penjualan BEV Wuling seperti Air EV, Binguo EV, dan Cloud EV, khususnya di wilayah DKI Jakarta, sehingga menunjukkan potensi pasar di Jakarta. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif, dengan sifat penelitian eksplanatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan kuat antara kredibiltias pesan EWOM dengan minat beli mobil BEV Wuling pada pengguna TikTok di Jakarta. Temuan ini selaras dengan prediksi dari Social Judgment Theory yang menjelaskan bahwa penerimaan EWOM akan berkaitan dengan timbulnya minat beli apabila pesan dari EWOM tersebut masuk pada rentang penerimaan dalam benak individu.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Clarissa Manalu, Maria (00000056878) |
Contributors: | Binsar, Anton |
Keywords: | electronic word of mouth, minat beli, Wuling, TikTok, Social Judgment Theory |
Subjects: | 300 Social Sciences |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 06:17 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |