Analisis Pengaruh Attitude Towards Consumption of Vegan Products terhadap Purchase Intention: Telaah pada Produk Kecantikan Vegan dengan Merek BASE

Nindyasari, Rachel (2025) Analisis Pengaruh Attitude Towards Consumption of Vegan Products terhadap Purchase Intention: Telaah pada Produk Kecantikan Vegan dengan Merek BASE. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (500kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (829kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (286kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kesadaran terhadap produk kecantikan vegan semakin meningkat di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya karena manfaat kesehatan dan lingkungan yang ditawarkan. Salah satu merek yang sedang berkembang di pasar adalah BASE, sebuah produk kecantikan vegan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Health Awareness, Environmental Concerns, dan Animal Welfare terhadap Attitudes towards Consumption of Vegan Products, Involvement with Vegan Products, dan implikasinya terhadap Purchase Intention. Penelitian ini menggunakan pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB), sebagai model analisis. Serta, penelitian ini mengumpulkan data sebanyak 120 responden melalui survey kuesioner dengan likert 1-7, yang dilakukan secara online dengan kriteria screening yang telah ditentukan, yaitu konsumen potensial BASE yang memiliki kesadaran tentang produk vegan namun belum pernah membeli produk BASE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Health Awareness dan Environmental Concerns berpengaruh positif signifikan terhadap Attitudes towards Consumption of Vegan Products, sementara Animal Welfare tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Selanjutnya, Attitudes towards Consumption of Vegan Products memberikan dampak positif terhadap Involvement with Vegan Products, yang pada akhirnya memengaruhi Purchase Intention secara positif. Studi ini memberikan implikasi manajerial bagi BASE untuk lebih fokus pada edukasi manfaat kesehatan dan lingkungan dari produk kecantikan vegan serta menciptakan pengalaman yang meningkatkan keterlibatan konsumen dengan produk vegan. Data diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan SmartPLS 4.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Nindyasari, Rachel (00000056879)
Contributors: Purnamaningsih, Purnamaningsih
Keywords: vegan beauty, Theory of Planned Behavior (TPB), purchase intention, attitudes towards consumption, involvement with vegan products.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Management
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:17
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40104

Actions (login required)

View Item View Item