Pengaruh Periklanan, Hubungan Masyarakat, dan Promosi Penjualan terhadap Loyalitas Merek Pertamina yang Dimediasi Persepsi Kualitas

Joe, Andrew (2025) Pengaruh Periklanan, Hubungan Masyarakat, dan Promosi Penjualan terhadap Loyalitas Merek Pertamina yang Dimediasi Persepsi Kualitas. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (829kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (685kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (535kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (412kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (283kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)

Abstract

Krisis kepercayaan publik terhadap produk Pertamina yang disebabkan oleh munculnya isu pencampuran bahan bakar menghadirkan berbagai tantangan baru bagi Pertamina dalam mempertahankan loyalitas konsumennya. Pada tengah krisis ini, Pertamina melakukan berbagai upaya seperti periklanan, hubungan masyarakat, dan promosi penjualan. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh periklanan, hubungan masyarakat, dan promosi penjualan terhadap loyalitas merek Pertamina yang dimediasi persepsi kualitas. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan PLS-SEM dan total responden 273 responden. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Agenda Setting Theory dan Elaboration Likelihood Model (ELM) dalam guna menjelaskan proses Pertamina dalam menyebarkan informasi dan penerimaan informasi oleh konsumen melalui berbagai stimulus komunikasi yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi penjualan tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara langsung dan tidak langsung terhadap persepsi kualitas. Hubungan masyarakat juga tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan, namun memiliki pengaruh tidak langsung yang signifikan terhadap persepsi kualitas.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Joe, Andrew (00000056927)
Contributors: Yulita, Henilia
Keywords: Pertamina, Periklanan, Hubungan Masyarakat, Promosi Penjualan, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:18
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40112

Actions (login required)

View Item View Item