Joe, Andrew (2025) Pengaruh Periklanan, Hubungan Masyarakat, dan Promosi Penjualan terhadap Loyalitas Merek Pertamina yang Dimediasi Persepsi Kualitas. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (829kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (685kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (535kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (412kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (283kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (712kB) |
Abstract
Krisis kepercayaan publik terhadap produk Pertamina yang disebabkan oleh munculnya isu pencampuran bahan bakar menghadirkan berbagai tantangan baru bagi Pertamina dalam mempertahankan loyalitas konsumennya. Pada tengah krisis ini, Pertamina melakukan berbagai upaya seperti periklanan, hubungan masyarakat, dan promosi penjualan. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh periklanan, hubungan masyarakat, dan promosi penjualan terhadap loyalitas merek Pertamina yang dimediasi persepsi kualitas. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan PLS-SEM dan total responden 273 responden. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Agenda Setting Theory dan Elaboration Likelihood Model (ELM) dalam guna menjelaskan proses Pertamina dalam menyebarkan informasi dan penerimaan informasi oleh konsumen melalui berbagai stimulus komunikasi yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi penjualan tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara langsung dan tidak langsung terhadap persepsi kualitas. Hubungan masyarakat juga tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan, namun memiliki pengaruh tidak langsung yang signifikan terhadap persepsi kualitas.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Joe, Andrew (00000056927) |
Contributors: | Yulita, Henilia |
Keywords: | Pertamina, Periklanan, Hubungan Masyarakat, Promosi Penjualan, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek |
Subjects: | 300 Social Sciences |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 06:18 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40112 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |