Mega Jayanto, Arvin (2025) Perancangan Board Game Edukasi untuk Meningkatkan Kecerdasan Spasial pada Perempuan. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (336kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (8MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (493kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (320kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (334kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Kecerdasan spasial merupakan kemampuan untuk menggambarkan ide-ide visual atau grafis. Secara psikologis laki-laki dan perempuan memiliki kemampuan spasial yang berbeda, laki-laki lebih unggul dalam kemampuan spasial dan kognitif sedangkan perempuan lebih unggul dalam kecerdasan umum dan berpikir verbal. Perbedaan ini membuat perempuan memiliki kemampuan spasial yang rendah. Kemampuan spasial yang rendah menyebabkan perempuan mengalami kesulitan dalam bernavigasi. Perbedaan ini membuat cara pembelajaran antara laki-laki dan perempuan berbeda, perempuan lebih mudah belajar secara verbal, bercerita , bermain peran dan belajar secara kolaboratif sebaliknya laki-laki lebih diarahkan pada permainan konstruksi dan olahraga. Namun media yang dapat meningkatkan kemampuan spasial saat ini tidak efektif dengan cara pembelajaran perempuan. Kecerdasan spasial yang rendah berdampak pada mobilitas perempuan dan ketergantungan dengan orang lain dalam hal navigasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media informasi berupa board game yang mampu meningkatkan kemampuan spasial pada perempuan yang berusia 18-25 tahun. Metode yang digunakan adalah Human-centered design (HCD), yang terdiri dari tiga tahapan yaitu inspiration, ideation, dan implementation. Pengumpulan data di lakukan dengan wawancara, Focus Group Discussion, dan Kuesioner. Salah satu kendala yang menyebabkan perempuan memiliki kemampuan spasial yang rendah adalah media edukasi yang tersedia saat ini tidak efektif untuk meningkatkan kemampuan spasial perempuan. Oleh karena itu, penulis merancang board game sebagai media utama dan packaging, rule book, dan instagram story ads sebagai media pendukung. Board game ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan spasial perempuan dengan efektif.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Mega Jayanto, Arvin (00000057067) |
Contributors: | Medyasepti, Frindhinia |
Keywords: | Board Game, Kemampuan Spasial, Perempuan |
Subjects: | 700 Arts and Recreation |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 06:36 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40127 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |