Pengaruh Environmental Values, Hedonic Values, dan Utilitarian Values terhadap Attitude toward Slow Fashion dan Implikasinya terhadap Niat Beli pada Brand Pijak Bumi

Putu Gede Widiharta, I (2025) Pengaruh Environmental Values, Hedonic Values, dan Utilitarian Values terhadap Attitude toward Slow Fashion dan Implikasinya terhadap Niat Beli pada Brand Pijak Bumi. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (730kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (429kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (773kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (258kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perubahan iklim global menjadi tantangan besar yang salah satunya dipicu oleh pertumbuhan industri fast fashion yang menghasilkan limbah tekstil dalam jumlah besar. Untuk menanggapi permasalahan ini, berbagai brand fesyen mulai mengadopsi prinsip keberlanjutan, salah satunya adalah Pijak Bumi, brand lokal Indonesia yang memproduksi sepatu ramah lingkungan. Namun, rendahnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya konsumsi berkelanjutan menjadi hambatan tersendiri. Dalam mendorong niat beli masyarakat terhadap produk ramah lingkungan, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Environmental Values, Hedonic Values, dan Utilitarian Values terhadap Attitude Toward Slow Fashion, serta dampaknya terhadap Purchase Intention terhadap sepatu ramah lingkungan Pijak Bumi. Berdasarkan survei secara online kepada 107 responden yang dianalisis dengan bantuan software SmartPLS 4, mendapatkan hasil bahwa penelitian menunjukkan bahwa Environmental Values dan Utilitarian Values memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Attitude Toward Slow Fashion, sedangkan Hedonic Values tidak berpengaruh signifikan. Selanjutnya, Attitude Toward Slow Fashion terbukti berpengaruh positif terhadap Purchase Intention terhadap produk Pijak Bumi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam pengembangan strategi pemasaran berbasis keberlanjutan, khususnya dalam industri fesyen ramah lingkungan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Putu Gede Widiharta, I (00000057269)
Contributors: Purnamaningsih, Purnamaningsih
Keywords: Environmental Values, Hedonic Values, Utilitarian Values, Attitude Toward Slow Fashion, Purchase Intention, Pijak Bumi,Slow Fahion viii Pengaruh Environmental Values....,
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Management
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:40
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40151

Actions (login required)

View Item View Item