Analisis Pengaruh Penggunaan Chatbot pada Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran

Wynne W. Kastilong, Jeanet (2025) Analisis Pengaruh Penggunaan Chatbot pada Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (433kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (129kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (494kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (614kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (157kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (273kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)

Abstract

Penggunaan chatbot berbasis Artificial Intelligence (AI) dalam proses pembelajaran semakin meluas di kalangan mahasiswa. Meskipun demikian, belum banyak penelitian yang secara spesifik menganalisis pengaruh berbagai faktor dalam menggunakan chatbot oleh mahasiswa, baik secara berkelanjutan maupun dalam mendukung aktivitas akademik. Permasalahan ini menjadi penting mengingat kemudahan akses dan potensi pemanfaatan chatbot yang tinggi dapat disalahgunakan tanpa pemahaman kritis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mencari faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan chatbot dalam pembelajaran, lalu mengimplikasikannya dengan mengembangkan fitur chatbot yang relevan berdasarkan temuan tersebut. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner skala Likert yang diisi oleh 1.061 responden mahasiswa dan dianalisis dengan pendekatan CRISP-DM yang menerapkan algoritma Random Forest dan Support Vector Machine (SVM). Random Forest menunjukkan performa terbaik sebesar 91%, sedangkan Support Vector Machine (SVM) menghasilkan performa sebesar 78%. Hasil evaluasi ini kemudian dianalisis lebih lanjut menggunakan Feature Importance untuk menghasilkan faktor-faktor apa saja yang berpengaruh dalam penelitian dan ditemukan faktor attitude, subjective norms, function requirement, perceived behavioral control, dan lainnya. Faktor-faktor tersebut dijadikan dasar dalam rekomendasi pengembangan fitur aplikasi chatbot yang dirancang dengan pendekatan User-Centered Design (UCD) menggunakan Flask dan model bahasa DeepSeek LLM. Rekomendasi fitur yang dikembangkan, seperti mode akademik/non-akademik, komentar atau catatan, share link, dan setting reminder. Hasil User Acceptance Testing (UAT) yang melibatkan 10 mahasiswa menunjukkan tingkat kepuasan tinggi pada semua fitur yang dikembangkan. Temuan ini menegaskan bahwa integrasi hasil analisis machine learning dengan pendekatan UCD mampu menghasilkan fitur yang sesuai dengan preferensi pengguna dan mendukung keberlanjutan penggunaan chatbot dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Wynne W. Kastilong, Jeanet (00000057328)
Contributors:
  1. Prasetiawan, Iwan (0312046501)
  2. Fernando, Erick
Keywords: Chatbot, Feature Importance, Random Forest, Rekomendasi Fitur, Support Vector Machine (SVM).
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:41
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40157

Actions (login required)

View Item View Item