Pengaruh Antropomorfisme terhadap Affective Engagement dan Intensi untuk Mentonton News Anchor Berbasis Kecerdasan Buatan TvOne

Rufai Hamdalah, Irsan (2025) Pengaruh Antropomorfisme terhadap Affective Engagement dan Intensi untuk Mentonton News Anchor Berbasis Kecerdasan Buatan TvOne. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (984kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (248kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (345kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (327kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (200kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)

Abstract

TvOne klaim dirinya sebagai media pertama yang menggunakan anchor AI di Indonesia. Salah satu faktor penting yang memengaruhi persepsi audiens terhadap anchor AI adalah kemiripannya dengan manusia. Berdasarkan riset terdahulu, anchor manusia umumnya lebih dinilai tinggi secara kredibilitas dan kedekatan emosional. Karakteristik manusia yang diaplikasikan pada makhluk non-hidup disebut sebagai antropomorfisme. Pada penelitian ini, perbandingan dilakukan terhadap dua versi anchor AI tvOne. Dua versi itu berasal dari publikasi kanal YouTube AI tvOne pada tanggal 19 Februari 2025 yang memperlihatkan anchor AI dengan karakteristik lebih robotik, dibandingkan publikasi tanggal 14 April 2025 yang lebih menyerupai manusia. Berdasarkan itu, penelitian melakukan eksperimen terhadap 65 partisipan yang dibagi menjadi dua kelompok versi anchor AI yaitu karakteristik yang lebih robotik (N=33) dan yang lebih menyerupai manusia (N=32). Penilaian karakteristik manusia itu pun diukur melalui emosi yang dirasakan (affective engagement) dan keinginan untuk menonton. Hasil penelitian memperlihatkan adanya penilaian lebih tinggi terhadap anchor AI dengan karakteristik menyerupai manusia. Antropomorfisme pun berpengaruh terhadap affective engagement. Namun, tidak berpengaruh terhadap keinginan untuk menonton. Ada juga mediasi signifikan pada variabel affective engagement di antara antropomorfisme dan keinginan untuk menonton. Hal itu, menandakan adanya efek perasaan emosional audiens terhadap paparan anchor AI tvOne yang memengaruhi keinginan partisipan untuk menonton.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Rufai Hamdalah, Irsan (00000057362)
Contributors: Wibowo Octavianto, Adi
Keywords: anchor AI, Antropomorfisme, audience engagement, Intention to Watch, tvOne
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:42
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40161

Actions (login required)

View Item View Item