Praktik Konsumsi Ruang Generasi Z pada Brand Fore Coffee di Tangerang

Ivan Mahardika, Devara (2025) Praktik Konsumsi Ruang Generasi Z pada Brand Fore Coffee di Tangerang. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (396kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (325kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (412kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (191kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (106kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bisnis industri Food and Beverage terutama kopi di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat hingga mencapai 250%. Kopi sendiri sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia yang saat ini mulai menjadi gaya hidup atau bahkan kebutuhan untuk beberapa kalangan. Generasi Z menjadi generasi yang paling banyak mengonsumsi kopi, yang dinyatakan bahwa 66% Generasi Z mengaku meminum kopi setiap harinya, kemudian disusul oleh Generasi Milenial. Maraknya peminat kopi di Indonesia membuat banyaknya bisnis atau brand kopi yang muncul seperti Fore Coffee, TUKU, dan lainnya dengan membawakan cita rasa, pesan komunikasi, pelayanan, hingga pengalaman yang berbeda-beda yang nantinya akan dikonsumsi menjadi sebuah pengalaman dan membangun persepsi, terutama Generasi Z. Tujuan penelitian ini adalah melihat dan menganalisis bagaimana praktik konsumsi ruang, termasuk dengan pengalaman dan persepsi yang dibangun oleh Generasi Z terhadap brand Fore Coffee. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, dengan paradigma konstruktivisme, menggunakan studi kasus, melalui tahap wawancara, dan pengecekan triangulasi data. Penelitian ini menemukan bagaimana praktik konsumsi ruang, beserta pengalaman dan persepsi yang dibangun Generasi Z pada gerai Fore Coffee di Tangerang. Generasi Z memiliki motivasi dan gaya hidup masing-masing yang mendorong konsumsi ruang mereka di gerai Fore, seperti menjalankan berbagai aktivitas, menikmati fasilitas yang ditawarkan, hingga bagaimana Fore Coffee memenuhi kebutuhan, keinginan, dan ekspektasi mereka. Melalui integrasi tangible & intangible attributes yang dimiliki Fore, pengalaman konsumen menjadi berkesan dan terbangun persepsi yang cenderung baik terhadap Fore Coffee.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Ivan Mahardika, Devara (00000057539)
Contributors: Okta Wibowo, Tangguh
Keywords: Konsumsi ruang, Pengalaman Konsumen, Persepsi, Generasi Z, Fore Coffee
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:43
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40172

Actions (login required)

View Item View Item