Bastiano, Joshua (2016) Aktivitas customer relationship management dalam departemen strategic planning sinar mas land. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
Text
HALAMAN AWAL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (800kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (926kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (813kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (920kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Konsumen sebagai salah satu faktor penting dalam keberlangsungan hidup perusahaan. Oleh karena itu, hubungan dengan konsumen tidak hanya sebatas membeli dan menjual saja, melainkan after sales service juga ikut menentukan hubungan yang berdampak jangka panjang dengan konsumen. Konsumen merupakan stakeholder yang harus dijaga kepuasannya agar dalam jangka panjang. Agar kedepannya konsumen akan melakukan pemberlian berulang dan merekomendasi kepada calon konsumen terhadap suatu produk. Sinar Mas Land sebagai perusahaan yang bergerak di bidang developer real estate memandang bahwa perlunya customer relationship management (CRM) sebagai salah satu strategi dalam membangun hubungan dengan konsumen. Sehingga tujuan dari program CRM ini, bermanfaat untuk produk development, pembangunan fasilitas agar efektif dan efisien, dan membantu untuk mengurangi komplain yang terjadi pada perusahan. Dalam praktik kerja magang, penulis ditempatkan pada divisi Corporate Strategic and Services yang bertugas menjalankan aktivitas CRM. Adapun aktivitas CRM yang dilakukan oleh penulis selama masa magang berupa interview konsumen, pengelolaan database, event gathering antar divisi, dan melakukan follow up konsumen. Strategi CRM yang baik, perlu dilakukan oleh perusahaan guna menjaga dan meningkatkan image perusahaan di mata publik sehingga berdampak kepada reputasi perusahaan dalam jangka panjang.
Item Type: | Thesis (Internship) |
---|---|
Keywords: | CRM, Sinar Mas Land, database, konsumen |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 020 Library and Information Sciences > 021 Library relationships (with archives, information centers, etc.) 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Sep 2018 02:03 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 03:40 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/4019 |
Actions (login required)
View Item |