Mattew Perdana Santoso, Jonathan (2025) Perancangan Website tentang Pendidikan Bilingual Model Bi-Bi untuk Anak Tuli Usia Dini. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (409kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (518kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (334kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (357kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Model Bilingual-Bicultural (Bi-Bi) merupakan pendekatan pendidikan bagi anak tuli yang menempatkan bahasa isyarat sebagai bahasa pertama dan bahasa tertulis sebagai bahasa kedua, guna membangun keterampilan komunikasi serta identitas yang kuat. Namun, penerapan model Bi-Bi di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan, seperti minimnya pemahaman orang tua dan tenaga pendidik, keterbatasan media pembelajaran, serta kurangnya dukungan dalam lingkungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media interaktif yang dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap model Bi-Bi sebagai metode pendidikan bagi anak tuli usia dini. media ini dirancang dengan pendekatan media digital dan interaktif, meliputi video edukasi, media sosial, serta aplikasi pembelajaran berbasis bahasa isyarat dan tulisan. Dengan menerapkan metode penelitian wawancara dan observasi serta pendekatan Design Thinking, media ini dirancang secara berbasis kebutuhan nyata di lapangan, sehingga dapat menjadi alat edukasi yang efektif, inklusif, dan berkelanjutan dalam mendukung optimalisasi penerapan model Bi-Bi dalam lingkungan pendidikan anak tuli di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Mattew Perdana Santoso, Jonathan (00000058019) |
Contributors: | Nurfarina, Anne |
Keywords: | Website, Pendidikan Bilingual-Bicultural, Anak Tuli |
Subjects: | 700 Arts and Recreation |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 06:58 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40207 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |