Perancangan Kampanye Sosial Meningkatkan Kesadaran Bahaya Konsumsi Kopi Berlebih untuk Pekerja Sif Malam

Prameswari Wibisono, Anandya (2025) Perancangan Kampanye Sosial Meningkatkan Kesadaran Bahaya Konsumsi Kopi Berlebih untuk Pekerja Sif Malam. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (273kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (352kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (261kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip

Download (6MB)

Abstract

Konsumsi kopi bagi masyarakat Indonesia sudah dijadikan gaya hidup dan berakar dari budaya Indonesia dari dahulu. Para pekerja sif malam merupakan subjek yang seringkali mengonsumsi kopi berlebih di karenakan keharusan dalam menjaga produktifitas dan melawan rasa kantuk di malam hari yang seharusnya waktu dimana tubuh beristirahat. Toleransi terhadap kafein dapat berefek kepada caffeine withdrawl yang dimana efek samping ketika individu berhenti mengonsumsi kopi. Dengan itu, toleransi terhadap kafein yang tinggi dapat berpengaruh terhadap kualitas tubuh dan juga kinerja di hari berikutnya, membuat para pekerja sif malam berpotensi bergantung pada kafein untuk menjalankan aktifitas harian. Kesadaran mengenai konsumsi dengan batasan yang baik adalah hal yang penting agar para pekerja terhindar dari efek negatif kafein. Perancangan kampanye sosial akan menggunakan metode dari buku Robin Landa `Graphic Design Solutions' (2011) dalam memecahkan studi kasus hingga perancangan strategi kampanye sosial dengan lima fase yakni material gathering dengan melakukan study case riset melalui penelitian, berita yang ada, serta jurnal, analysis discovery yakni melakukan wawancara kepada audiens dan ekspert serta mengumpulkan responden untuk kuesioner, conceptual design yaitu brainstorming karya visual, design development dengan melakukan bimbingan spesialis serta market validation. Kemudian diakhiri dengan tahapan terakhir yaitu implementation dari hasil desain.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Prameswari Wibisono, Anandya (00000058022)
Contributors: Susanti, Chara (0313048703)
Keywords: Perancangan, Kampanye Sosial, Pekerja, Kopi
Subjects: 700 Arts and Recreation
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:58
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40208

Actions (login required)

View Item View Item