Tania, Marbella (2024) Hubungan Pengakuan Karyawan terhadap Retensi Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Mediator pada Karyawan Generasi Z di Gading Serpong. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (510kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (303kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (176kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (260kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (697kB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (126kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (836kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pengakuan karyawan terhadap Retensi Karyawan dengan Kepuasan Karyawan sebagai variabel mediasi pada karyawan Generasi Z yang bekerja di kawasan Gading Serpong. Generasi Z dikenal memiliki karakteristik khusus seperti kebutuhan akan apresiasi, lingkungan kerja yang fleksibel, dan keinginan untuk pekerjaan yang bermakna. Oleh karena itu, pengakuan terhadap kontribusi mereka dianggap sebagai faktor penting dalam meningkatkan kepuasan kerja dan mengurangi tingkat turnover. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) yang diolah menggunakan perangkat lunak SmartPLS versi 4. Data dikumpulkan melalui kuesioner online yang melibatkan 126 responden yang memenuhi kriteria. Variabel-variabel dalam penelitian ini meliputi Pengakuan karyawan, Kepuasan Karyawan, dan Retensi Karyawan Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengakuan karyawan memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Karyawan, sementara Kepuasan Karyawanjuga memiliki dampak signifikan terhadap Retensi Karyawan. Selain itu, ditemukan bahwa Kepuasan Karyawan memediasi hubungan antara Pengakuan karyawan dan Retensi Karyawan secara signifikan.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengakuan karyawan tidak hanya berdampak langsung pada kepuasan kerja tetapi juga secara tidak langsung memperkuat retensi karyawan melalui peningkatan kepuasan kerja. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi perusahaan untuk mengimplementasikan strategi pengakuan yang tepat guna menciptakan lingkungan kerja yang mendukung, khususnya bagi Generasi Z, yang pada akhirnya dapat meningkatkan loyalitas dan produktivitas karyawan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Tania, Marbella (00000058151) |
Contributors: | Prasadio Akbar Hidayat, Wanda Gema |
Keywords: | Pengakuan Karyawan, Kepuasan Karyawan, Retensi Karyawan, Generasi Z |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 06:59 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40216 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |