Perancangan Kampanye Sosial Pencegahan Feline Infectious Peritonitis (FIP) pada Kucing

Zafirah Azade Ciptono, Jasmine (2025) Perancangan Kampanye Sosial Pencegahan Feline Infectious Peritonitis (FIP) pada Kucing. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (21MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (119kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (803kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (217kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (111kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip

Download (4MB)

Abstract

Kucing merupakan hewan peliharaan yang banyak digemari di Indonesia, khususnya di wilayah Jabodetabek. Sayangnya, kasus Feline Infectious Peritonitis (FIP) pada kucing terus meningkat di wilayah DKI Jakarta. FIP adalah penyakit mematikan yang berasal dari hasil mutasi Feline Coronavirus (FCoV). Penyakit FIP dapat dicegah melalui tiga langkah dalam menjaga kebersihan, mencegah stress, dan menjaga imunitas. Namun hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pemilik kucing belum memiliki kesadaran terhadap pentingnya melakukan pencegahan FIP dan menerapkan pencegahan secara optimal. Sebagian besar media yang ada hanya berfokus pada pengenalan gejala, penyebab, dan pengobatan, tetapi tidak mencakup ajakan untuk menerapkan langkah pencegahan dan dorongan untuk menghindari FIP sejak dini. Oleh karena itu, penulis merancang kampanye sosial pencegahan Feline Infectious Peritonitis (FIP) bagi pemilik kucing di DKI Jakarta agar pemilik kucing lebih sadar dan melakukan pencegahan FIP secara rutin. Kampanye dirancang menggunakan Design Thinking dari Hasso Plattner, yang memiliki lima tahap dari empathize, define, ideate, prototype dan test serta didukung oleh metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Proses perancangan pembuatan kampanye dibuat dengan strategi AISAS menggunakan dua media utama, yakini media sosial dan website. Adapun media sekunder berupa poster, billboard, buku PDF, formulir, booth, dan hadiah. Berdasarkan hasil beta test yang dilakukan penulis melalui kuesioner, perancangan kampanye dari segi visual, konten dan pemilihan media sudah cukup baik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Zafirah Azade Ciptono, Jasmine (00000058224)
Contributors: Yoliando, Fonita Theresia
Keywords: Perancangan, Kampanye Sosial, Feline Infectious Peritonitis, Kucing
Subjects: 700 Arts and Recreation
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:00
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40218

Actions (login required)

View Item View Item