Nidya Firdaus, Caroline (2025) Analisis Iklan dalam Penyampaian Pesan Keberlanjutan: Studi Kasus pada Iklan Bango. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (808kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (331kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (524kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (340kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (231kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (259kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (995kB) |
Abstract
Seiring dengan era teknologi yang semakin berkembang cepat, kebutuhan masyarakat juga semakin beragam dan kompleks. Kebutuhan masyarakat yang banyak harus diiringi dengan pembangunan berkelanjutan yang melindungi hak-hak generasi di masa depan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Oleh karena itu, seiring berjalannya waktu manusia semakin peduli terhadap keberlanjutan. Saat ini, manusia berharap seluruh pihak ikut peduli terhadap isu keberlanjutan, tak terkecuali perusahaan. Bango sebagai merek di bawah naungan Unilever pun ikut memperhatikan perihal keberlanjutan, maka dari itu Bango menunjukkan keterlibatannya dalam keberlanjutan melalui iklannya, tentu iklan yang dibuat Bango ini juga digunakan untuk membangun citra yang baik bagi mereknya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan memberikan pemahaman yang mendalam tentang analisis iklan keberlanjutan yang dilakukan Bango dengan mengacu pada konsep Iklan Keberlanjutan oleh Rathee dan Milfeld (2023). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus dengan paradigma post-positivistik. Pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara dengan pihak-pihak Bango yang berkaitan dengan pemasaran dan agensi. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa Bango mengimplementasikan beberapa dimensi yang sesuai dengan kerangka dari Rathee dan Milfeld, namun Bango tidak mengimplementasikan dimensi crises dan endorsers dalam iklan keberlanjutannya karena Bango memilih untuk konsisten menjadi autentik. Kekonsistenan Bango untuk menjadi merek yang autentik dalam narasi pada iklan keberlanjutannya menjadi faktor utama dari keefektifan iklan keberlanjutan yang dibuat oleh Bango.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Nidya Firdaus, Caroline (00000058360) |
Contributors: | Gita Elmada, Maria Advenita |
Keywords: | Iklan, Keberlanjutan, Pemasaran Keberlanjutan, Komunikasi Keberlanjutan |
Subjects: | 300 Social Sciences |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 07:02 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40226 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |