Strategi Komunikasi Persuasif Host Live Shopping dalam Memasarkan Berbagai Kategori Brand

Janice Yanuar, Jennifer (2025) Strategi Komunikasi Persuasif Host Live Shopping dalam Memasarkan Berbagai Kategori Brand. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (819kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (640kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (614kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (642kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan semakin maraknya live shopping sebagai cara berjualan kekinian melalui platform digital, strategi komunikasi dari host menjadi salah satu kunci utama dalam menarik perhatian audiens dan mendorong keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif yang dilakukan oleh host dalam live shopping saat memasarkan berbagai kategori brand, seperti produk kecantikan, peralatan rumah tanggan & elektronik, serta keperluan ibu dan anak. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena meningkatnya tren belanja melalui live streaming, yang menuntut host untuk memiliki kemampuan komunikasi yang adaptif dan persuasif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam kepada host live shopping yang berpengalaman memasarkan berbagai kategori produk. Konsep utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi persuasif, serta didukung oleh konsep personal selling dan komunikasi verbal maupun nonverbal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi host berbeda tergantung pada kategori produk yang dipasarkan, baik dari segi intonasi, gestur, ekspresi, hingga pemilihan kata dan gaya bahasa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kemampuan adaptif host dalam menyusun pesan komunikasi yang sesuai dengan karakteristik produk sangat berpengaruh terhadap efektivitas penyampaian pesan dan tingkat keterlibatan audiens.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Janice Yanuar, Jennifer (00000058879)
Contributors: Andira Putri, Vega Karina (0307128703)
Keywords: komunikasi persuasif, strategi komunikasi host, live shopping, personal selling, komunikasi verbal dan nonverbal
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:26
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40265

Actions (login required)

View Item View Item