Perancangan Destination Branding Desa Wisata Pasir Eurih

Salsabila Haffaf, Rasya (2025) Perancangan Destination Branding Desa Wisata Pasir Eurih. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (649kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (125kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (785kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (190kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (146kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip

Download (15MB)

Abstract

Desa Wisata Pasir Eurih memiliki potensi wisata yang besar berkat kekayaan alam, peninggalan sejarah, dan budaya lokal yang kental. Namun, minimnya infrastruktur dan promosi yang belum efektif menyebabkan potensi tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal. Perancangan ini bertujuan untuk merancang destination branding yang dapat memperkuat daya tarik Desa Wisata Pasir Eurih sebagai destinasi wisata budaya. Metode perancangan yang digunakan adalah metode kualitatif yang berupa observasi langsung dengan mengunjungi Desa Wisata Pasir Eurih, studi eksisting kampung wisata di Indonesia dan perancangan destination branding yang terletak di luar negri, wawancara dengan Ahli branding, ketua adat, pelaku UMKM, dan wisatawan Desa Wisata Pasir Eurih , dan kuesioner ke target perancangan. Hasil perancangan berupa Graphic Standard Manual (GSM) yang berfungsi sebagai panduan visual branding Desa Wisata Pasir Eurih. GSM ini mencakup elemen- elemen visual seperti logo, warna, tipografi, serta aplikasi media promosi pada berbagai platform digital. Simpulan dari perancangan ini menunjukkan bahwa perancangan destination branding yang terstruktur melalui GSM dapat meningkatkan visibilitas desa, menarik lebih banyak wisatawan, dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal melalui pariwisata yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Salsabila Haffaf, Rasya (00000058900)
Contributors: Brahma, Adhreza
Keywords: Destination branding, Desa wisata, Identitas merek, Budaya lokal.
Subjects: 700 Arts and Recreation
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:27
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40267

Actions (login required)

View Item View Item