Viandhini Nugroho Putri, Anggita (2025) Analisis Pola Konsumsi Berita dengan Visualisasi Data dan Penilaian Kualitas Berita dengan Visualisasi Data oleh Audiens. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (291kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (348kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (466kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (655kB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (229kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (247kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penggunaan visualisasi data menjadi hal yang penting dalam praktik jurnalisme. Bersamaan dengan ini, berita berbasis data yang disajikan dengan visualisasi data semakin banyak. Adapun visualisasi data digunakan untuk mempermudah informasi atau data yang kompleks. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola konsumsi dan penilaian kualitas berita dengan visualisasi data di media daring oleh Generasi Z. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode media diary dan focus group discussion (FGD), penelitian ini menemukan bahwa konsumsi berita visualisasi data oleh Gen Z dilakukan secara intentional, incidental, dan visual driven. Dalam penilaian kualitas berita, partisipan baik dengan maupun tanpa latar belakang jurnalistik dapat mengevaluasi kualitas berita dengan visualisasi data berdasarkan enam dimensi kualitas normatif berita oleh Urban & Schweiger (2014), yaitu relevance, accuracy, diversity, impartiality, comprehensibility, dan ethics. Meskipun hard news dinilai paling memenuhi kualitas, beberapa partisipan tetap memilih infografik atau berita interaktif karena preferensi tampilan. Temuan ini menunjukkan bahwa kualitas dan bentuk penyajian saling memengaruhi dalam proses konsumsi berita daring oleh Gen Z.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Viandhini Nugroho Putri, Anggita (00000059155) |
Contributors: | Evita, Nona (0304048902) |
Keywords: | Gen Z, media daring, konsumsi berita, kualitas berita, visualisasi data |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 07:28 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40277 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |