Penerapan Camera Movement dengan Support Handheld untuk Meningkatkan Kesan Realitas pada Film Pendek Air dan Mata Abdi

Kahfi Lagaligo, Muhammad (2024) Penerapan Camera Movement dengan Support Handheld untuk Meningkatkan Kesan Realitas pada Film Pendek Air dan Mata Abdi. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (494kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (81kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (92kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (215kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (78kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)

Abstract

Film memiliki banyak elemen penting dalam membangun visual, termasuk dalam memilih camera movement. Dalam proyek film pendek Air dan Mata Abdi, penulis memilih untuk menggunakan konsep camera movement dengan handheld untuk meningkatkan realitas. Penulis melakukan eksplorasi pada bagaimana meningkatkan realitas pada film. Berdasarkan teori Pandza bahwa teknik kamera handheld yang memiliki karakter pergerakan spontan, sehingga dapat menjadi refleksi penonton dalam memandang realitas yang diciptakan pada film. Hasil temuan penulis menunjukkan bahwa handheld dapat membantu dalam meningkatkan realitas, melalui gerakan yang diciptakan oleh kamera yang menunjukkan aksi dan reaksi, dan mensintesis dunia nyata. Namun camera movement dengan handheld tidak dapat berdiri sendiri dalam meningkatkan realitas dan memerlukan beberapa aspek seperti pemilihan lensa dan penggunaan frame rate yang sesuai.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Kahfi Lagaligo, Muhammad (00000059834)
Contributors: Fabio Santabudi, Bisma
Keywords: camera movement, handheld, realitas, film pendek, air dan mata abdi
Subjects: 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:35
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40323

Actions (login required)

View Item View Item