Fitriani Putri, Shafira (2025) Pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM) terhadap Purchase Intention Album Hit Me Hard and Soft Karya Billie Eilish. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (688kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (399kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (532kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (758kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (787kB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (232kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (377kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Electronic Word-of-Mouth (eWOM) terhadap Purchase Intention Album "Hit Me Hard and Soft" Karya Billie Eilish. Latar belakang penelitian ini berangkat dari maraknya penggunaan media sosial sebagai saluran penyebaran informasi dan opini yang membentuk minat beli, khususnya dalam industri musik digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring dari 100 responden yang merupakan penggemar Billie Eilish di Indonesia. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah eWOM yang diukur melalui delapan dimensi (tie strength, homophily, trust, source credibility, message quality, content quality, valence, dan degree of influence). Sementara variabel terikat adalah purchase intention yang diukur melalui empat dimensi (minat transaksional, referensial, preferensial, dan eksploratif). Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa eWOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention dengan nilai R² sebesar 0,459. Artinya, 45,9% variasi purchase intention dapat dijelaskan oleh eWOM. Penelitian ini menyimpulkan bahwa eWOM memegang peran penting dalam mendorong minat beli album musik di era digital. Temuan ini diharapkan dapat menjadi masukan untuk strategi pemasaran berbasis komunitas dan media sosial di industri musik.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Fitriani Putri, Shafira (00000060054) |
Contributors: | Andira Putri, Vega Karina (0307128703) |
Keywords: | electronic word of mouth, purchase intention, media sosial, musik digital, Billie Eilish |
Subjects: | 300 Social Sciences |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 11:01 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40343 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |