Perancangan Sayang Barudak Learn and Play sebagai Fasilitas bagi Anak Usia Dini di Citra Raya

Deborah Ulag, Silvia (2025) Perancangan Sayang Barudak Learn and Play sebagai Fasilitas bagi Anak Usia Dini di Citra Raya. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (466kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (270kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (634kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (665kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip

Download (704MB)

Abstract

Perancangan "Sayang Barudak Learn and Play" di kawasan Citra Raya, Kabupaten Tangerang, dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan fasilitas pendidikan anak yang tidak hanya aman, namun juga mendukung perkembangan anak secara menyeluruh. Berdasarkan data BPS dan observasi lapangan, kawasan Panongan memiliki jumlah anak usia dini yang tinggi, namun fasilitas bermain dan pendidikan yang tersedia masih terbatas, serta banyak mengalami kerusakan. Oleh karena itu, diperlukan perancangan ruang yang mampu menampung kegiatan belajar dan bermain anak-anak usia 3­6 tahun melalui pendekatan yang tepat. Pendekatan utama yang digunakan dalam perancangan ini adalah learning through play dan sistem pembelajaran berbasis sentra (Model Creative Curriculum/BCCT). Keenam aspek perkembangan anak menurut Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) menjadi dasar dalam merumuskan zoning, program ruang, serta desain sentra-sentra belajar yang disesuaikan berdasarkan usia (preschool dan kindergarten). Desain ruang juga mengintegrasikan elemen- elemen arsitektur seperti ramp, lantai bertingkat, pencahayaan berwarna, permainan topografi, dan bidang interaktif pada dinding dan langit-langit. Hasil perancangan diwujudkan melalui zonasi utama: zona edukasi anak usia dini (kelas sentra preschool dan kindergarten), zona komunitas dan pelayanan (mengadopsi tipologi RPTRA), serta zona taman bermain anak. Perancangan ini menjawab kebutuhan akan fasilitas PAUD yang aman, kontekstual, edukatif, dan menyenangkan bagi anak serta komunitas. Harapannya, proyek ini dapat mendukung program Kabupaten/Kota Layak Anak dan menjadi acuan perancangan fasilitas serupa di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Deborah Ulag, Silvia (00000060450)
Contributors: Diana, Rahmi Elsa (0313089001)
Keywords: Anak Usia Dini, Sentra, Learning Through Play
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture
Divisions: Faculty of Art & Design > Architecture
Date Deposited: 09 Sep 2025 11:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40369

Actions (login required)

View Item View Item