Pengaruh Sales Promotion Snack Tostos x NCT Dream terhadap Pembelian Impulsif di Kalangan Penggemar NCT Dream

Nabilla, Shilfa (2025) Pengaruh Sales Promotion Snack Tostos x NCT Dream terhadap Pembelian Impulsif di Kalangan Penggemar NCT Dream. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (476kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (512kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (369kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (377kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Adanya persaingan ketat di pasar makanan ringan Indonesia yang mendorong perusahaan untuk mengadopsi strategi pemasaran inovatif, salah satunya melalui promosi penjualan. PT Dua Kelinci menggunakan promosi "Meet & Greet (M&G) NCT Dream ke Korea" untuk meningkatkan daya tarik produk TosTos, terutama di kalangan penggemar K-Pop. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi tersebut terhadap perilaku pembelian impulsif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah pengikut akun Instagram resmi @tostosid, yang berjumlah 73.000 pengikut, dengan sampel sebanyak 200 responden yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dengan menggunakan perangkat lunak statistik SPSS versi 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sales promotion snack TosTos berpengaruh sebesar 12.6% terhadap pembelian impulsif di kalangan penggemar NCT Dream. Strategi promosi seperti kupon undian yang memiliki kesempatan Meet & Greet terbukti efektif dalam mendorong pembelian tidak terencana. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa promosi penjualan berbasis emosi dan loyalitas terhadap idola dapat meningkatkan efektivitas pemasaran di segmen konsumen muda dan fan-based.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Nabilla, Shilfa (00000060665)
Contributors: Nuranindya, Dian (0314128502)
Keywords: sales promotion, pembelian impulsif, NCT Dream.
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Date Deposited: 10 Sep 2025 05:28
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40382

Actions (login required)

View Item View Item