Greenwashing dalam Promosi Brand Skincare di Indonesia melalui Media sosial Instagram

Karimang, Priscilla (2025) Greenwashing dalam Promosi Brand Skincare di Indonesia melalui Media sosial Instagram. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (768kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (867kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (556kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (247kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (135kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB)

Abstract

Penggunaan produk skincare di Indonesia terus meningkat seiring tren perawatan diri dan kesadaran akan isu lingkungan. Banyak brand skincare mengklaim diri sebagai green, eco-friendly, atau sustainable, tetapi sering kali tanpa transparansi dan informasi yang dapat diverifikasi, sehingga membuka peluang terjadinya praktik greenwashing. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana promosi brand skincare di Indonesia dapat terjebak dalam praktik greenwashing, mengidentifikasi faktor-faktor pendorongnya, serta melihat peran Instagram dalam memperkuat atau mengungkap praktik tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode thematic content analysis, dibantu perangkat lunak NVivo untuk menganalisis konten dari tiga brand skincare yang disamarkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa narasi keberlanjutan yang dibangun bersifat simbolik, emosional, dan selektif. Instagram berfungsi sebagai saluran promosi sekaligus ruang yang memungkinkan terjadinya berbagai bentuk greenwashing, termasuk selective disclosure, attention deflection, decoupling, deceptive labeling, dan deceptive manipulation.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Karimang, Priscilla (00000060975)
Contributors: Ariestya, Angga (0311048505)
Keywords: Greenwashing, Skincare, Instagram, Green Promotion, Transparansi Greenwashing Dalam Promosi..., Priscilla Karimang, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Date Deposited: 10 Sep 2025 05:32
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40394

Actions (login required)

View Item View Item