Karimang, Priscilla (2025) Greenwashing dalam Promosi Brand Skincare di Indonesia melalui Media sosial Instagram. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (768kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (867kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (556kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (247kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (135kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (903kB) |
Abstract
Penggunaan produk skincare di Indonesia terus meningkat seiring tren perawatan diri dan kesadaran akan isu lingkungan. Banyak brand skincare mengklaim diri sebagai green, eco-friendly, atau sustainable, tetapi sering kali tanpa transparansi dan informasi yang dapat diverifikasi, sehingga membuka peluang terjadinya praktik greenwashing. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana promosi brand skincare di Indonesia dapat terjebak dalam praktik greenwashing, mengidentifikasi faktor-faktor pendorongnya, serta melihat peran Instagram dalam memperkuat atau mengungkap praktik tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode thematic content analysis, dibantu perangkat lunak NVivo untuk menganalisis konten dari tiga brand skincare yang disamarkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa narasi keberlanjutan yang dibangun bersifat simbolik, emosional, dan selektif. Instagram berfungsi sebagai saluran promosi sekaligus ruang yang memungkinkan terjadinya berbagai bentuk greenwashing, termasuk selective disclosure, attention deflection, decoupling, deceptive labeling, dan deceptive manipulation.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Karimang, Priscilla (00000060975) |
Contributors: | Ariestya, Angga (0311048505) |
Keywords: | Greenwashing, Skincare, Instagram, Green Promotion, Transparansi Greenwashing Dalam Promosi..., Priscilla Karimang, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 300 Social Sciences |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 05:32 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40394 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |